oleh

Sempurnakan Draf Raperda Pengelolaan Sampah, Pansus DPRD HSS Sambangi DKRTH Surabaya

SURABAYA, narasipublik.netPanitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengunjungi kantor Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (09/12/2021).

Kunjungan kerja tersebut merupakan proses penyempurnaan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengelolaan sampah yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Despera KPLH) setempat.

Ketua Pansus DPRD HSS, Yuniati mengatakan, dipilihnya kota Surabaya menjadi tempat kunjungan kerja lantaran daerah tersebut dikenal bagus dalam bidang pengelolaan sampah.

“Kami ke Surabaya setelah koordinasi dengan Dispera KPLH yang punya hajat untuk Perda ini, sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tuturnya.

Dari hasil kunker tersebut, pihak DPRD HSS berharap draf Raperda Pengelolaan Sampah dapat segera terealisasi menjadi Peraturan Daerah (Perda), sehingga mampu meminimalisir volume sampah di Bumi Rakat Mufakat.

“Mudah-mudahan untuk kemajuan pengelolaan sampah bisa kita terapkan, meski harus bertahap lantaran terbatasnya anggaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispera KPLH Kabupaten HSS, Ronaldy Pranata Putra menerangkan, dengan adanya usulan Raperda tersebut menjadi bukti keseriusan pemerintah daerah dalam penanganan sampah di wilayah setempat.

Tidak hanya untuk mengurangi volume sampah, namun juga diharapkan mampu menghasilkan efek positif dari pemanfaatan daur ulang sampah menjadi bernilai ekonomis.

“Jika Raperda ini disetujui, kedepannya akan banyak hal positif yang dihasilkan dari pengelolaan sampah yang dapat didaur ulang untuk dimanfaatkan kembali,” tuturnya.

Bahkan dengan adanya pengelolaan sampah yang baik, kedepannya dapat mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Kita berharap upaya ini nantinya bisa mengurangi sampah hingga 50 persen, sehingga kapasitas TPA Malutu bisa bertahan lebih lama,” pungkasnya.

Kunker Pansus DPRD HSS kali ini juga dihadiri oleh Kepala Bapelitbangda HSS, M Alriyan, Kabag Ekobang HSS, Eko Harjidi, Kabag Hukum HSS, Fitri, Kepala Dinas PUTR HSS, Teddy Soetedjo, serta Kepala Dinas PMD HSS, Susilo.

Reporter : Rey
Editor : Van

Ucapan Hari Pers Nasional