Sambut Haul Guru Sekumpul ke 18, Warga Desa Purut Tapin Gelar Panen Raya Padi

RANTAU, narasipublik.net Menyongsong haul almarhum KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul ke 18, Warga Desa Purut, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin bergotong royong menggelar panen raya padi, Kamis (29/09/2022).

Seluruh hasil padi yang dipanen kali ini nantinya akan dipersiapkan untuk pelaksanaan haul Guru Sekumpul yang jatuh pada 5 Rajab 1444 hijriah tahun 2023 mendatang.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Purut, H Al Amin Halim menuturkan, padi tersebut ditanam dilahan seluas 27 borongan atau kurang lebih satu hektar yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

“Jika nanti di Sekumpul Martapura melaksanakan haul, hasilnya ini untuk menjamu para jamaah yang melintas. Namun jika tidak, kami disini tetap melaksanakan haul,” ucapnya.

Diterangkan lebih lanjut, dari seluas satu hektar sawah yang ditanam padi, pihaknya mampu menghasilkan sebanyak kurang lebih 10 ton gabah.

Dimana hasil cukup baik tersebut tidak lepas dari upaya masyarakat setempat yang bahu membahu untuk menjaga dan merawat tanaman, baik siang maupun malam.

“Dari awal pembibitan, penanaman sampai pengendalian hama semuanya dilakukan gotong royong. Kami juga intensif untuk menjaga lahan ini dari hama tikus pada malam hari dan hama burung di siang harinya,” tuturnya.

Sementara itu, tidak hanya menanam padi warga Desa Purut juga melakukan berbagai kegiatan perkebunan, seperti menanam jagung dan ubi yang seluruh hasilnya juga untuk kegiatan haul Guru Sekumpul ke 18 mendatang.

“Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan setiap tahunnya, semoga haul Abah Guru Sekumpul nanti berjalan lancar dan semua mendapat keberkahan,” pungkasnya.

Reporter : Sal
Editor : Van

loading...