oleh

Sempat Dikomplain Karena Air Limbah, RSUD Balangan Akan Membuat Tempat Penampungan

BALANGAN, narasipublik.netSempat mendapatkan komplain dari masyarakat akibat air limbah, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan berencana membuat tempat penampungan induk limbah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Balangan, Drg Sudirman, dimana pada tahun 2022 mendatang pihaknya sudah menyusun planning pembuatan drainase untuk air limbah rumah sakit.

“Kita sudah ada planning pembuatan drainase induk yang berfungsi untuk resapan, dan ini sudah masuk dalam perencanaan,” ujar Direktur RSUD Balangan.

Direktur RSUD Balangan
Direktur RSUD Balangan, Drg Sudirman

Pembuatan drainase akan menggunakan dana BLUD RSUD Balangan, sedangkan untuk tempat resapan limbah diharapkan dapat menggunakan dana CSR melalui pemerintah daerah.

“Nantinya akan dibuat seperti danau, sehingga seluruh air limbah RSUD dan air hujan bisa dibuang ke penampungan yang mempunyai kedalaman 6 hingga 7 meter dengan luas 10×20 meter,” ungkapnya.

Sebelumnya RSUD Balangan mendapatkan komplain dari masyarakat lantaran air limbah yang dihasilkan rumah sakit mengalir hingga ke perkebunan warga setempat.

Menyikapi hal tersebut, Dirut RSUD Balangan, Drg Sudirman langsung melakukan peninjauan terhadap lokasi yang terdampak air limbah tersebut, meskipun dirinya mengklaim bahwa proses pengolahan limbah medis sudah sesuai standar.

“Selama ini kami menggunakan dua sistem pengolahan limbah, baik limbah padat maupun limbah cair yang setiap bulannya selalu ada laporan untuk memastikan keamanan limbah tersebut,” tuturnya.

Diterangkan lebih lanjut, untuk limbah padat pihaknya memanfaatkan incinerator yang sudah mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup, sedangkan limbah cair pihaknya menggunakan IPAL yang hasil pengolahannya bisa dipertanggungjawabkan.

“Indikator keamanan hasil air dari pengolahan IPAL bisa dibuktikan dari pemanfaatannya, dimana air bisa untuk pelihara ikan dan menyiram tanaman jadi artinya air masih dalam kondisi aman,” pungkasnya.

Reporter : Fik
Editor : Van

Ucapan Hari Pers Nasional

Berita Lainnya :