oleh

Bupati Fikry Resmi Canangkan Desa Asam Sebagai Kampung Gabus Haruan

NARASI PUBLIK

KANDANGAN, narasipublik.net Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry beserta Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad resmi mencanangkan Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya menjadi Kampung Gabus Haruan, Rabu (13/10/2021).

Dimana Kampung Gabus Haruan ini sendiri menjadi satu-satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel) bahkan juga di Indonesia.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, dengan adanya pengembangan ikan Haruan ini, maka kedepan akan banyak orang-orang dari berbagai daerah untuk belajar ke Desa Asam.

“Ini perlu komitmen kita bersama bahwa Kampung Gabus Haruan tidak hanya dibina oleh Dinas Perikanan saja namun semua ada didalamnya,” ucap Bupati.

Kampung Gabus Haruan

Meski demikian, Bupati Fikry berharap dalam membudidaya ikan gabus masyarakat tidak cepat bosan, hal itu karena diperlukan adanya kesabaran dalam setiap prosesnya.

“Memelihara ikan gabus perlu ketelatenan yang cukup ekstra, karena mulai dari makannya juga harus membuat sendiri,” tuturnya.

Dirinya juga meminta kepada BPBAT Mandiangin untuk terus memberikan pendampingan para anggota kelompok pembudidaya agar terus meningkatkan kualitasnya.

“Dengan kemapuan menjelaskannya yang bagus, sehingga jika nanti orang belajar kesini tidak akan kecewa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPBAT Mandiangin Andi Artya Donny mengatakan, pencanangan Kampung Gabus Harus menjadi salah satu terobosan bagus yang dilakukan Pemkab HSS.

Pasalnya hal tersebut mampu mendorong potensi-potensi sumber daya kelautan dan perikanan, khususnya bidang budidaya yang belum dioptimalkan dengan baik.

“Ikan Haruan ini mempunyai nilai ekonomi dan permintaan yang sangat tinggi, sehingga menjadi salah satu komoditas ikan penyumbang inflasi,” ungkapnya.

Dalam pengembangan Kampung Gabus Haruan, BPBAT Mandiangin berkomitmen untuk melakukan pendampingan penuh kepada masyarakat setempat.

Sehingga kedepannya pengembangan ikan Gabus di Desa Asam dapat terus meningkat dan bisa dikenal luas, baik di Indonesia maupun mancanegara.

“Kedepan kita akan berikan benih ikan yang unggul untuk mendorong dan mendukung pengembangan Kampung Gabus Haruan ini,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

Berita Lainnya :