EKONOMI & BISNISKANDANGAN (HSS)

Jadi Kampung Haruan, Desa Asam HSS Berpotensi Dapat Kendalikan Inflasi

397
×

Jadi Kampung Haruan, Desa Asam HSS Berpotensi Dapat Kendalikan Inflasi

Sebarkan artikel ini
Kampung Gabus Haruan
Bupati HSS, Achmad Fikry beserta Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad saat melakukan kunjungan ke Kampung Gabus Haruan di Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya, Rabu (07/07/2021). Sumber : Istimewa

SUNGAI RAYA, narasipublik.net Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry beserta Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad mengunjungi Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya yang akan merencanakan pembibitan ikan haruan atau gabus, Rabu (07/07/2021).

Dimana Desa Asam sendiri ditunjuk sebagai Kampung Gabus Haruan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk melaksanakan program nasional dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat dan pengendalian inflasi.

“Ikan haruan memiliki peran besar terhadap inflasi kita, bahkan jika dilihat dari teknis daerah kita sangat memungkinkan untuk melakukan pembudidayaannya,” ucapnya.

Menurutnya, hingga saat ini ikan haruan masih menjadi salah satu bahan lauk primadona bagi masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang banyak diperdagangkan di pasar lokal.

“Di tempat kita sendiri haruan sangat digemari masyarakat, terlebih sebagai lauk menu kuliner khas HSS yakni ketupat Kandangan yang tak jarang ketersediaannya dipasaran masih kurang,” tuturnya.

Kampung Gabus Haruan

Sementara itu orang nomor satu di Bumi Rakat Mufakat itu pun berharap, dengan adanya Kampung Gabus Haruan dapat menjadi penyedia bagi kebutuhan masyarakat, sehingga mampu mengatasi inflasi daerah setempat.

“Mudah-mudahan Pokdakan di Desa Asam dapat mengikuti program ini dengan keseriusan, karena membudidaya haruan sangat berbeda dengan jenis ikan lainnya,” tandasnya.

Dengan terbentuknya Pokdakan Gabus Haruan di Desa Asam kali ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat setempat untuk bisa meningkatkan perekonomian mereka kedepannya.