KOTA BANJARMASIN

Bantu Penuhi Ketersediaan, Lanal Banjarmasin Gelar Donor Plasma Konvalesen

616
×

Bantu Penuhi Ketersediaan, Lanal Banjarmasin Gelar Donor Plasma Konvalesen

Sebarkan artikel ini
Donor Plasma Konvalesen

BANJARMASIN, narasipublik.netMeningkatnya kasus Covid-19 di tanah air menyebabkan permintaan donor darah Plasma Konvalesen ikut mengalami kenaikan.

Menyikapi hal tersebut, TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan donor darah dan donor Plasma Konvalesen serentak yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Ketua PMI Pusat Muhammad Jusuf Kalla, melalui Video Conference, Kamis (12/08/2021) kemarin.

Dalam kegiatan kali ini, Lanal Banjarmasin yang bekerja sama dengan Komando Armada II (Koarmada) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarbaru, berhasil mengumpulkan sebanyak 3 orang pendonor Plasma Konvalesen dan 63 kantong darah.

Pjs Ka Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin, Mayor Laut (K/W) dr Meutia Indrasakti selaku ketua panitia pelaksanaan donor Plasma Konvalesen, mengucapkan terima kasih atas antusiasnya warga Pesisir yang mau mendonorkan darahnya untuk pemulihan kesehatan di tanah air akibat pandemi Covid-19

Persyaratan utama bagi donor Plasma Konvalesen antara lain usia 18 – 60 tahun, berat minimal 55 kg, pernah terkonfirmasi Covid-19, tidak memiliki gejala sisa minimal 14 hari sebelum donor serta tidak menerima transfusi darah selama 3 bulan terakhir.

“Donor Plasma Konvalesen termasuk metode terapi tambahan yang dilakukan dengan memberikan Plasma orang yang telah sembuh untuk diberikan kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat,” ucap dr Mutia.

Sementara itu di tempat terpisah Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M Tr Hanla mengungkapkan, kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut melalui Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada).

Dalam rangka pemenuhan ketersediaan Donor Plasma Konvalesen untuk PMI diseluruh tanah air guna membantu menuntaskan penyebaran Wabah Covid-19.

Oleh karena itu, Lanal Banjarmasin berinisiatif mengajak dan menggugah masyarakat untuk bersama mendonorkan darah Plasma guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga yang hadir mendapatkan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini, dan kedepan kita tetap bisa berbuat hal yang baik untuk kebersamaan seperti yang dilaksanakan hari ini,” pungkas Danlanal Banjarmasin. (DAL)

Editor : Van