SERBA - SERBI

Berbagai Cara Mudah Menghemat Gas Elpiji Saat Memasak

889
×

Berbagai Cara Mudah Menghemat Gas Elpiji Saat Memasak

Sebarkan artikel ini
Gas Elpiji
Berbagai Cara Mudah Menghemat Gas Elpiji Saat Memasak. Sumber Foto : Istimewa

SUMBERTIPS, narasipublik.net Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau sering disebut dengan Elpiji merupakan sumber bahan bakar yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Dengan harganya yang kini terus merangkak, membuat bahan bakar gas tersebut menjadi barang mahal untuk didapatkan oleh sebagian orang.

Maka dari itu, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan tidak boleh membuang percuma elpiji yang dibeli untuk kebutuhan rumah tangga.

Berikut ini narasipublik.net memberikan 8 tips menghemat gas elpiji saat dipergunakan untuk memasak yang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/03/2021).

  1. Periksa Kebocoran

Sebelum menggunakan gas elpiji sebaiknya kamu memeriksa pipa, burner LPG serta regulator, hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisinya apakah ada kebocoran atau tidak.

Kebocoran kecil sering luput dari perhatian banyak orang, sehingga gas dengan cepat berkurang walaupun tidak digunakan.
  1. Gunakan Tutup Panci Saat Memasak

Tutup panci menjadi salah satu peralatan yang bisa digunakan untuk mempercepat memasang sebuah hidangan.

Dengan menutupi wadah tempat memasak akan memastikan api mencapai sisi-sisinya yang membuat waktu memasak kamu lebih efisien, sehingga menghemat penggunaan gas elpiji.
  1. Gunakan Termos Air

Jika sebagian besar hidangan kamu membutuhkan banyak air untuk merebus masakan, maka pertimbangkan untuk menggunakan termos air.

Dengan merebus masakan menggunakan air panas yang sudah ada, membuat kamu tidak perlu memasak air secara berulang-ulang yang berakibat borosnya gas.
  1. Gunakan Api Kecil

Memasak sebuah hidangan dengan api besar diketahui dapat menghilangkan enzim, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam makananmu.

Maka dari itu sebaiknya kamu gunakan api kecil saat memasak. Jika ingin memasak sayuran, cobalah dengan cara dikukus dan jangan direbus agar mendapatkan nutrisi maksimal dari makananmu.
  1. Mengukur Bahan Masakan

Sebagian orang masih banyak yang tidak ingin repot untuk mengukur bahan masakannya, sehingga membuat terlalu banyak air atau terlalu sedikit bahan yang berimbas pada lamanya waktu memasak.

Jadi sebaiknya kamu lebih cermat dalam mengukur proporsinya berdasarkan resep sebelum mulai memasak, agar waktu yang digunakan lebih efisien.
  1. Bersihkan Tungku Kompor

Tungku kompor yang kotor dapat mempengaruhi keluarnya api, sehingga dapat berakibat pada borosnya bahan bakar.

Jika nyala api yang keluar terlihat orenye, kuning, atau tidak warnanya tidak seragam, kemungkinan besar ada beberapa deposit karbon di atas tungku yang sebaiknya harus di bersihkan.
  1. Siapkan Semua Bahan Masakan

Beberapa orang memiliki kecenderungan terburu-buru dalam memasak, sehingga dalam prosesnya sering kali ditengah sesi memasak harus kesana kemari mengambil bahan-bahan masakan.

Hal ini tidak hanya membuang-buang waktu, namun juga membuang-buang gas lantaran lamanya proses memasak.
  1. Gunakan Peralatan Masak Yang Sesuai

Menyesuaikan peralatan masak dengan masakan yang diolah sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar.

Dimana jika menggunakan peralatan masak yang lebih besar atau panci dan wajan besar hanya untuk memasak makanan dalam porsi kecil dapat memperlambat proses memasak.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan untuk menghemat penggunaan gas elpiji saat memasak.

Dengan menghemat bahan bakar, kami juga bisa mengefisienkan waktu saat memasak, serta dapat mengurangi pengeluaran ekonomi. (Syah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *