KESEHATAN

Anggapan Asal Usul Covid-19 Buatan Manusia Dibantah Oleh Pakar WHO Rusia

620
×

Anggapan Asal Usul Covid-19 Buatan Manusia Dibantah Oleh Pakar WHO Rusia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Virus Corona. Sumber : Pixabay

Narasipublik.net Banyaknya spekulasi terkait asal usul virus Corona sejak pertama melanda dunia menjadi perbincangan dan kekhawatiran banyak orang, salah satunya yakni anggapan bahwa Covid-19 adalah buatan manusia.

Namun nampaknya kekhawatiran tersebut tidak memiliki nilai apa pun bagi ahli virologi Rusia yang juga sekaligus pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dmitry Lvov.

Dimana dirinya sama sekali merasa tidak tertarik menanggapi anggapan tersebut dan menilai virus Corona berasal dari hewan yang kemudian menular ketubuh manusia.

Virus Corona mulanya berkaitan dengan kelelawar. Seseorang dapat terinfeksi baik di ruangan dimana kelelawar menginap semalaman atau di gua tempat kelelawar biasanya hidup berkerumun,” kata Dmitry Lvov, dikutip dari Suaramalang.id

Sementara itu, Lvov mengungkapkan pada saat siaran di salah satu program TV Rusia beberapa pekan lalu, ada sekitar 150 virus yang telah ditularkan dari hewan ke manusia selama penjinakan hewan liar.

“Seseorang bisa saja mengkonsumsi daging dari hewan yang mempunyai hubungan ekologis dengan kelelawar, sehingga menjadi sumber utama infeksi,” ungkapnya menegaskan.