oleh

Tujuh Kecamatan Berpotensi Banjir, Pemkab Balangan Siagakan Personel

NARASI PUBLIK

BALANGAN, narasipublik.netPemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menggelar apel siaga darurat penanganan bencana di halaman Kantor Setda setempat, Selasa (02/11/2021).

Apel siaga kebencanaan ini sendiri dilakukan mengingat wilayah Kabupaten Balangan mulai memasuki musim penghujan yang dapat berpotensi terjadinya bencana.

Berdasarkan informasi BMKG beberapa waktu lalu, puncak musim penghujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari dan Februari tahun 2022 mendatang.

Bahkan saat ini di Kabupaten Balangan sendiri sudah mulai sering diguyur hujan yang cukup deras, sehingga memiliki kemungkinan terjadinya bencana banjir.

Bupati Balangan, Abdul Hadi mengatakan, untuk menghadapi siaga banjir tersebut pihaknya telah menyiapkan berbagai antisipasi.

Baik dalam peralatan pertolongan, jalur evakuasi, tempat penampungan korban, dapur umum, hingga pemetaan titik-titik kerawanan bencana.

“Dengan adanya apel kesiapsiagaan ini, diharapkan mampu meminimalisir dampak-dampak yang terjadi oleh banjir,” ujar Bupati Abdul Hadi.

Balangan Apel Kesiapsiagaan Bencana

Sementara itu, di Kabupaten Balangan terdapat tujuh wilayah yang berpotensi bencana banjir. Yakni Kecamatan Halong, Juai, Tebing Tinggi, Paringin Selatan, Paringin Kota, Lampihong dan Kecamatan Awayan.

Sedangkan untuk desa yang memiliki kerawanan tinggi berada di Desa Teluk Bayur, Desa Juai, Desa Bata, Desa Buntu Karau, Desa Pimping serta beberapa desa lainnya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan H Rahmi menyebutkan, untuk menyikapi kemungkinan bencana tersebut pihaknya telah mempersiapkan berbagai langkah.

Dari mulai berkoordinasi dengan SKPD dan stack holder terkait, pendataan Kesiapsiagaan logistik, kesiapan peralatan sarana, hingga kesiapan personel diseluruh kecamatan.

“Kedepan kita berencana akan melakukan simulasi atau latihan dititik wilayah rawan bencana, sehingga ketika terjadi bencana semua telah siap,” ujar H Rahmi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 35 personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Balangan dan didukung oleh Tagana serta 15 orang Linmas disetiap desa yang siap untuk bersiaga.

Kegiatan apel Kesiapsiagaan bencana kali ini diikuti oleh personel BPBD Balangan, TNI-Polri, Tim PSC dinas Kesehatan dan PPPA Balangan, linmas, PMI serta stakeholder lainnya.

Reporter : Fik
Editor : Van

Berita Lainnya :