TNI-Polri Beserta Warga Sawaja Lakukan Pembersihan Aliran Sungai

RANTAU (TAPIN)365 Dilihat

CANDILARASUTARA, narasipublik.net Puluhan warga Desa Sawaja, Kecamatan Candi Laras Utara (CLU), Kabupaten Tapin beserta TNI-Polri bahu-membahu melakukan pembersihan dan normalisasi aliran sungai, Selasa (27/04/2021).

Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian pelaksanaan dalam program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang resmi dimulai sejak Rabu (21/04/2021) lalu.

Dimana pembersihan dan normalisasi aliran sungai yang dilakukan masyarakat beserta anggota Koramil 1010-05 dan Polsek CLU ini sendiri bertujuan untuk mengembalikannya fungsi sungai agar meningkatkan sektor pertanian.

Kepala Desa Sawaja, Mulyadi mengatakan, normalisasi sungai ini selain untuk peningkatan sektor pertanian juga sekaligus menjaga ekosistim perikanan di wilayah setempat.

“Dengan upaya normalisasi sungai diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa khususnya disektor pertanian, terlebih pada masa Pandemi seperti sekarang,” ucap Mulyadi.

Normalisasi sungai

Selain itu dalam Program PKTD kali ini pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan yang menyasar warga Angkatan Rumah Tangga Miskin (ARTM), pengangguran, setengah pengangguran dan keluarga gizi buruk.

“Tujuannya untuk memperdayakan masyarakat yang bersifat produktif untuk membantu ekonomi masyarakat dan meningkatkan pendapatan mereka dengan memberikannya pekerjaan harian dalam pelaksanaan PKTD ini,” terangnya.

Danramil 1010-05/CLU, Kapten Inf Budiman, mengungkapkan bahwa sudah sewajarnya TNI ikut terlibat bersama masyarakat dalam hal membantu seluruh program desa guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Melalu giat yang dilakukan secara swakelola ini dapat memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong demi kemajuan bersama,” terang Danramil 1010-05/CLU.

Pada kesempatan tersebut, Kapten Inf Budiman juga menyempatkan diri memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan meski saat berkegiatan seperti tersebut.

“Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19, saya harapkan masyarakat jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan walaupun dalam aktivitas apapun,” pungkasnya. (Sal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...