BERITA NASIONALBERITA UTAMARANTAU (TAPIN)

Jokowi Resmikan Bendungan Tapin Senilai 986 Milyar Rupiah

313
×

Jokowi Resmikan Bendungan Tapin Senilai 986 Milyar Rupiah

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin

TAPIN, narasipublik.net – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara langsung pembangunan Bendungan Tapin yang berada di Desa Pepitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kamis (18/02/2021).

Bendungan yang dikerjakan sejak tahun 2015 dengan total anggaran biaya sebesar Rp 986 Milyar ini sendiri diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekita.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Bendungan Tapin berkapasitas 56,7 juta meter kubik ini selain dapat mengaliri ribuan hektar sawah dan menjadi sumber pembangkit listrik juga sekaligus sebagai pengendali bencana khususnya banjir.

“Dengan adanya bendungan ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi, inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, pembangkit listrik, dan air baku juga dalam rangka pengendalian banjir,” ucap Presiden Jokowi.

Diketahui pada awal tahun 2021 lalu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dilanda musibah bencana banjir dihampir seluruh kabupaten/kota yang ada namun berkat adanya bendungan yang baru beroperasi, Kabupaten Tapin dapat mengurangi dampak banjir tersebut.

“Kita tau banjir di Provinsi Kalsel kemaren mencakup sebuah area yang sangat luas, kurang lebih ada 10 kabupaten dan kota diterjang banjir, namun berkat adanya bendungan ini Kabupaten Tapin menjadi salah satu kabupaten yang paling kecil mendapat efek banjirnya,” terang Jokowi.

Sementara itu, Presiden RI dua periode ini juga meminta kepada seluruh pimpinan daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat melakukan penanganan yang Komprehensif guna mencegah terjadinya musibah banjir yang akan datang.

“Perlu adanya intervensi terhadap rehabilitasi lahan dari hulu sampai hilir, terutama di kawasan DAS secara besar-besaran agar masyarakat Kalsel tidak terkena banjir dimasa masa yang akan datang,” paparnya. (Np-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *