KANDANGAN (HSS)PENDIDIKAN

Tingkatkan Minat Gemar Membaca, Puluhan Pelajar di HSS Ikuti Lomba Bertutur

Avatar photo
1699
×

Tingkatkan Minat Gemar Membaca, Puluhan Pelajar di HSS Ikuti Lomba Bertutur

Sebarkan artikel ini
Lomba bertutur kata
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar lomba bertutur tingkat SD/MI sederajat, Rabu (31/03/2021). Sumber Foto : Kominfo HSS/Narasipublik.net

HULUSUNGAISELATAN, narasipublik.net Guna meningkatkan minat dan gemar membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar lomba bertutur kata, Rabu (31/03/2021) kemarin.

Kegiatan tersebut sedikitnya diikuti puluhan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah ibtidaiyah (MI) se Kabupaten HSS yang dilaksanakan di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten HSS, Hubriansyah, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program agenda rutin setiap tahunnya guna meningkatkan minat baca usia dini.

“Tema yang diangkat pada lomba bertutur kali ini adalah Meningkatkan Minat dan Kegemaran Baca Siswa Menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan Cerdas dan Inovatif,” ucap Hubriansyah.

Diterangkan lebih lanjut, dengan adanya perlombaan bertutur atau bercerita kali ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan kegemaran dan kecintaan anak-anak terhadap budaya membaca.

“Kita berharap kegiatan ini bisa membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda di Banua untuk Indonesia yang lebih baik,” terangnya.

Lomba bertutur kata
Penampilan peserta dalam lomba bertutur kata yang dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten HSS, Rabu (31/03/2021). Sumber Foto : Kominfo HSS/Narasipublik.net

Dalam pelaksanaanya, masing-masing peserta diminta untuk menceritakan berbagai budaya-budaya lokal yang banyak dijumpai dikalangan masyarakat, agar kedepannya memiliki kepedulian dan ketertarikan terhadap perpustakaan.

“Kami selalu memberi ruang untuk generasi muda bisa belajar dan membaca buku di perpustakaan, agar pengetahuan mereka semakin bertambah,” paparnya.

Sementara itu, pemenang terbaik dalam lomba bertutur kali ini nantinya akan menjadi perwakilan Kabupaten HSS untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Nantinya pemenang akan kita berikan pembekalan untuk bersaing ditingkat provinsi, agar dapat berprestasi dan membanggakan nama daerah,” pungkasnya.

Dalam perlombaan ini diperoleh enam orang pemenang, yakni Ananda Syafira Zahra menjadi Juara I, Saskia Medina Azzahra Juara II, Putri Annida Juara III, sedangkan untuk Harapan I diraih Rona Kasih Salsabella, harapan II Putri Annisa dan harapan III diraih Muhammad Zeidan. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *