BERITA UTAMAPERISTIWA & HUKUMRANTAU (TAPIN)

Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Tapin Kembali Terendam

1189
×

Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Tapin Kembali Terendam

Sebarkan artikel ini
Banjir di Tapin
Puluhan rumah di Dusun Taibah, Desa Banua Halat Kanan, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin terendam banjir, Jumat (02/04/2021). Sumber Foto : BPBD Tapin/narasipublik.net

TAPIN, narasipublik.net Intensitas curah hujan yang cukup tinggi membuat puluhan rumah di Dusun Taibah, Desa Banua Halat Kanan, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin kembali terendam banjir, Jumat (02/04/2021).

Hujan yang terus terjadi sejak beberapa hari terakhir membuat kondisi debit air sungai Tapin meningkat dan berimbas pada meluapnya anak-anak sungai di wilayah setempat.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, sedikitnya ada 65 rumah di Dusun Taibah yang dihuni 195 jiwa terendam banjir.

“Setelah kami mendapatkan laporan, Satgas BPBD Tapin langsung melakukan groundcek ke lokasi tepatnya di Dusun Taibah RT.04,” ucap Kepala BPBD Tapin, Said Abdul Nasir.

Diterangkan, luapan sungai tidak hanya menggenangi ruas jalan, namun juga membanjiri rumah warga yang menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu.

“Ketinggian air kurang lebih mencapai 10 hingga 50 sentimeter dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan,” terangnya.

Genangan air yang tinggi juga menyebabkan lahan pertanian warga di Dusun Taibah ikut terendam, dimana hal itu dapat menyebabkan potensi gagal panen.

“Informasi masyarakat disana, banjir kali ini bisa menyebabkan gagal panen, karena kondisi air semakin meninggi,” ujar anggota PMI Kabupaten Tapin, Zainal Abidin. (Rey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *