BERITA UTAMAPERISTIWA & HUKUMRANTAU (TAPIN)

Sungai Tatakan Meluap, Puluhan Rumah di Tapin Selatan Terendam Banjir

629
×

Sungai Tatakan Meluap, Puluhan Rumah di Tapin Selatan Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
Banjir Tapin
Sungai Tatakan meluap, Puluhan rumah di Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin terendam banjir, Senin (22/03/2021). Foto : Istimewa

TAPIN, narasipublik.net Puluhan rumah di Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin terendam banjir akibat meluapnya sungai Tatakan, Senin (22/03/2021).

Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak pukul 04.00 Wita hingga pukul 08.30 Wita menyebabkan debit air sungai Tatakan meluap hingga merendam pemukiman warga.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, sedikitnya ada 80 rumah yang terendam banjir di dua desa.

“Di desa Tatakan ada 40 rumah, dan di desa Tandui 40 rumah dengan jumlah 244 jiwa yang terdampak,” ucap Sofyan, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tapin.

Banjir Tapin
Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin melakukan pendataan terhadap warga terdampak banjir di Kecamatan Tapin Selatan, Senin (22/03/2021). Foto : BPBD Tapin

Meluapnya sungai Tatakan juga dipengaruhi oleh kiriman volume air yang berasal dari kawasan pegunungan, sehingga kondisi air dengan cepat merendam rumah warga.

“Adanya kiriman air dari Kecamatan Salam Babaris menyebabkan sungai Tatakan tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap ke pemukiman,” terangnya.

Hingga pukul 22.00 Wita, BPBD Tapin beserta tim relawan gabungan masih terus melakukan upaya evakuasi terhadap warga terdampak.

“Alhamdulillah kondisi aman terkendali dan saat ini air sudah mulai surut,” pungkasnya. (Rey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *