KANDANGAN (HSS)PEMERINTAHAN

Musrenbang 2022, HSS Siapkan Strategi Khusus Peningkatan Ekonomi

Avatar photo
516
×

Musrenbang 2022, HSS Siapkan Strategi Khusus Peningkatan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Musrenbang HSS
Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 secara virtual di Pendopo Kabupaten, Selasa (23/03/2021). Foto : narasipublik.net

KANDANGAN, narasipublik.net Pandemi Covid-19 berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sehingga mengalami kontraksi penurunan.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry saat membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022, Selasa (23/03/2021).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara virtual di Pendopo Kabupaten, bupati HSS menyebutkan laju ekonomi Kabupaten HSS pada tahun 2020 mengalami kontraksi sebanyak -1,19 persen.

“Dampak Covid-19 menyebabkan pertumbuhan ekonomi kita -1,19 persen, namun keadaan ini masih lebih baik dibandingkan provinsi dan nasional,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah Kabupaten HSS berencana untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi dengan berbagai strategi khusus di tahun 2022 mendatang.

“Untuk memperbaiki minus tersebut, kita perlu meningkatkan geliat ekonomi yang lebih keras dengan strategi-strategi khusus,” terangnya.

Musrenbang HSS
Musrenbang Kabupaten HSS dilaksanakan secara virtual di Pendopo Kabupaten. Foto : narasipublik.net

Achmad Fikry menjelaskan, sektor pertanian menjadi salah satu andalan untuk memicu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten HSS yang sebelumnya sempat mengalami penurunan.

Bahkan pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan oleh sektor pertanian sendiri mencapai 24,28 persen, sehingga diharapkan mampu menutupi resiko kontraksi pada tahun mendatang.

“Tentunya produktivitas sektor pertanian juga harus ditingkatkan agar dapat mencapai target kita nantinya,” papar Bupati HSS.

Sementara itu, dalam Musrenbang RKPD 2022 kali ini berbagai masukan juga disampaikan oleh pihak pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) agar terciptanya sinergi terhadap berbagai program guna tercapainya target pembangunan.

“Semuanya akan dirumuskan bersama agar program pembangunan lebih maksimal, namun tetap melihat kondisi dan situasi yang dijalani pemerintah kabupaten untuk menyelaraskan sasaran dengan pemerintah provinsi dan pusat,” pungkasnya. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *