PARINGIN (BALANGAN)PERISTIWA & HUKUM

Siaga Karhutla Balangan, Ratusan Personel Diterjunkan

244
×

Siaga Karhutla Balangan, Ratusan Personel Diterjunkan

Sebarkan artikel ini
Siaga Karhutla Balangan
KARHUTLA : BPBD Kabupaten Balangan melaksanakan apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (09/08/2021)

BALANGAN, narasipublik.netBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan melaksanakan apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (9/8/2021) pagi.

Bersama Manggala Agni, TNI, Polri, dan relawan pemadam kebakaran, puluhan personil langsung melakukan patroli pengecekan titik api di Kecamatan Lampihong.

Kepala BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love menerangkan, pihaknya sudah melakukan persiapan menghadapi kondisi Karhutla. Termasuk melakukan monitoring lokasi kebakaran lahan bersama Manggala Agni, TNI dan Polri.

“Kami juga menyiapkan secara maksimal, sarana dan prasarana untuk penanganan Karhutla,” ujarnya.

Alive Yoesfah Love menyebutkan, wilayah rawan Karhutla yang menjadi perhatian, di antaranya Kecamatan Lampihong, Batumandi, Awayan, Halong, dan Juai.

Khusus pada kawasan tambang, yakni sebagian Kecamatan Halong dan Juai, apabila ditemukan titik api akan ditangani oleh pihak perusahaan.

Kabag Ops Polres Balangan AKP Sony F L Gaol, menuturkan, apel itu merupakan bentuk kesiapan dalam penanganan Karhutla di kabupaten Balangan.

“Ada hampir 100 personel dilibatkan dalam kegiatan pengecekan hotspot kali ini, dari Polri, TNI, BPBD, Manggala Agni dan BPK Bersama-sama ke lokasi untuk memadamkan api,” ungkapnya yang menghadiri apel tersebut.

Peralatan pemadam kebakaran, berupa mobil pemadam maupun alat pemadam portable disiapkan untuk proses pemadaman Karhutla.

“Mobil pemadam dikerahkan sebanyak 9 unit, dan 10 unit pemadam portable disiapkan untuk mendukung pemadaman,” sebutnya.

Selain itu, dalam menjaga stabilitas keamanan dan ekosistem lingkungan, pencegahan Karhutla juga dilakukan melalui imbauan dan patroli yang dilakukan rutin oleh personel Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Manggala Agni. (Fik)

Editor : Yat