KOTA BANJARMASIN

ACT Kasel Buka Careline, Bantu Pemenuhan Pangan Saat Pandemi

785
×

ACT Kasel Buka Careline, Bantu Pemenuhan Pangan Saat Pandemi

Sebarkan artikel ini
ACT Kasel Buka Careline
Staf Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel) saat menerima telepon dari warga terdampak pandemi Covid-19.

BANJARMASIN, narasipublik.netAksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka layanan careline, dalam membantu pemenuhan kebutuhan pangan, terutama warga Banjarmasin dan sekitarnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Bagi warga yang membutuhkan bantuan pangan, bisa menghubungi careline di nomor telepon (0511) 678 5339.

Staf Program ACT Kalsel, Muhammad Rizki menjelaskan, menghadirkan program Operasi Pangan Gratis (OPG). Untuk warga yang merupakan pekerja harian dan terdampak pandemi Covid-19.

OPG merupakan respon di tengah kesulitan warga untuk memenuhi kebutuhan pangan, salah satunya warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) Covid-19.

OPG terbagi menjadi dua turunan program, yaitu Operasi Makan Gratis (OMG), Operasi Beras Gratis (OBG) dan bantuan paket nutrisi.

Melalui program tersebut, ACT Kalsel telah membuka layanan careline. Sehingga, masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan, dapat menghubungi careline ACT Kalsel.

“Tim yang menangani careline akan meminta data, seperti alamat maupun nomor telepon yang dapat dihubungi,” jelasnya.

Layanan careline tersebut, menjangkau seluruh wilayah Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

“Program kita ini hadir untuk dapat membantu saudara-saudara kita dan menjadi pengantar kebaikan bagi saudara kita yang berderma maupun yang menghadapi kesulitan di masa-masa seperti ini,” ujarnya, Senin (9/8/2021).

ACT Kasel Buka Careline
Salah satu penerima program Operasi Pangan Gratis (OPG) dari ACT Kalsel.

Ia mengungkapkan, layanan food careline beroperasi dari pukul 11.00 hingga pukul 17.00 Wita.

Selain berfungsi sebagai pusat layanan kebutuhan makan bagi warga terdampak pandemi, nomor careline juga dapat berfungsi sebagai pusat layanan kebutuhan beras. “Tentunya, dengan menggunakan nomor yang sama,” ucapnya.

Rizki menerangkan, setelah pihaknya menerima telepon dari nomor careline, bantuan pangan dapat diantar langsung ke rumah warga yang membutuhkan oleh pihak ACT Kalsel sendiri.

Maka dari itu, ACT kalsel telah menyiapkan Tim Biker Humanity, yakni tim khusus yang bergerak dalam distribusi bantuan pangan kepada warga.

“Tim biker humanity akan langsung bergerak, mengantarkan bantuan pangan sesuai dengan data yang dilaporkan melalui careline, seperti alamat rumah, nomor telepon dan lain-lain,” terangnya.

Kehadiran careline ACT Kasel itu, harapnya, tidak ada lagi warga Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya, yang mengalami kelaparan. Terutama, bagi warga terdampak pandemi Covid-19 maupun yang menjalani isoman. (DAL)

Editor : Yat