BERITA UTAMAKANDANGAN (HSS)

Puluhan Warga di Kecamatan Kandangan dan Sungai Raya HSS Dapatkan Bansos PRS dan UEP

838
×

Puluhan Warga di Kecamatan Kandangan dan Sungai Raya HSS Dapatkan Bansos PRS dan UEP

Sebarkan artikel ini
Bupati HSS Achmad Fikry secara simbolis menyerahkan bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) kepada warga kurang beruntung.

KANDANGAN, narasipublik.net Puluhan warga di Kecamatan Kandangan dan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Kedua program bantuan tersebut disalurkan secara langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten HSS yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Achmad Fikry di Aula Kecamatan Kandangan, Selasa (20/07/2022).

Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah mengatakan, penyaluran bansos bagi warga kurang beruntung akan terus dilakukan melalui dana APBD tahun anggaran 2022.

“Penyaluran bansos ini dalam upaya pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS yang tertuang dalam RPJMD tahun 2018-2023,” ucapnya.

Nordiansyah menerangkan, bansos PRS diberikan kepada 155 kepala keluarga (KK) yang masing-masing mendapatkan Rp17 juta dengan total anggaran sebesar Rp2 milyar lebih.

Sedangkan untuk bansos UEP diberikan kepada 149 orang penerima manfaat dengan total dana sebesar Rp431 juta.

“Dengan bansos ini kita berharap kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat dapat meningkat, termasuk bantuan PRS dari Baznas HSS sebanyak 11 unit,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, penyaluran bansos kali ini bertujuan untuk merealisasikan program Dinas Sosial dari tahun 2014 hingga tahun 2022 di 11 kecamatan.

“Hingga saat ini, pembangunan PRS di Kabupaten HSS sudah mencapai 5.160 ribu unit rumah,” ungkap Bupati Fikry.

Diterangkan lebih lanjut, bansos PRS sendiri berbeda dengan program bedah rumah, dimana PRS banyak memiliki program intervensi, diantaranya seperti bantuan sosial, pendidikan, dan BPJS.

“Itulah yang membedakan PRS dengan program bedah rumah di daerah-daerah lain,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van