KANDANGAN (HSS)

134 Warga HSS Terima Bantuan Stimulan Rumah Swadaya

Avatar photo
528
×

134 Warga HSS Terima Bantuan Stimulan Rumah Swadaya

Sebarkan artikel ini
Bantuan Rumah Swadaya
Bupati HSS, Achmad Fikry menyerahkan bantuan BSRS kepada penerima, Jumat (02/07/2021). Sumber : Narasi Publik

KANDANGAN, narasipublik.net Sebanyak 134 Warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang kurang mampu menerima Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) oleh pemerintah daerah setempat.

Bantuan sendiri langsung di serahkan oleh Bupati HSS, Achmad Fikry kepada beberapa perwakilan penerima di Desa Bariang, Kecamatan Kandangan, Jumat (02/07/2021).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS, Ronaldy Prana Putra mengatakan, bantuan kali ini disalurkan kepada 134 penerima yang tersebar di enam desa dan kelurahan.

“Bantuan BSRS ini kegunaannya tidak lain untuk rehab rumah yang ketentuannya bersifat dinamis, namun jika kerusakannya dibawah 10 tahun kita akan koordinasikan dengan dinas sosial untuk menindaklanjutinya,” ucapnya.

Hingga kini di Kabupaten HSS sudah tercatat ada sebanyak 1.349 warganya menerima program BSRS, BRS dan program Rumah Sejahtera dari Dinas Sosial yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ketiga program itu semuannya merupakan bantuan rehab rumah bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten HSS,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati HSS, Achmad Fikry menerangkan, bantuan BSRS ini merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat pemenuhan pembangunan rumah-rumah layak huni di wilayah setempat.

“Untuk mendapatkan bantuan BSRS syaratnya cukup ketat, terutama penerima harus mempunyai penghasilan dan tanah sendiri, namun untuk bantuan Dinas Sosial syaratnya cukup longgar,” ujar Bupati Achmad Fikry.

Dengan adanya bantuan BSRS sebesar Rp20 juta, diharapkan dapat mempercepat pemenuhan tatap kelayakan masyarakat yang dapat dimanfaatkan penerima untuk melakukan perehaban rumah agar layak huni.

“Semoga mereka bisa membangun rumah yang lebih layak, ketimbang kondisi yang saat ini mereka tempati,” pungkasnya.