POLITIKRANTAU (TAPIN)

Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Fokuskan Pengamanan

1178
×

Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Fokuskan Pengamanan

Sebarkan artikel ini
Kabag OPS Polres Tapin
Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Polres Tapin, Kompol Raindhard Maradona. Sumber Foto : Rey/narasipublik.net

TAPIN, narasipublik.net Jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020, Polres Tapin mulai persiapkan berbagai opsi pengamanan, Jumat (26/03/2021).

Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin dilakukan PSU yang pelaksanaannya akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Tapin, Kompol Raindhard Maradona menerangkan, pihaknya akan mengkonsentrasikan tingkat pengamanan diseluruh tahapan PSU.

“Kita akan melakukan pengamanan di 24 TPS, serta memberikan pengawalan ketat baik dari pendistribusian logistik hingga tahap rekapitulasi hasil pemungutan surat suara,” ucapnya.

Dalam pelaksanaanya, setiap TPS akan disiagakan dua personil Polri dengan dibantu anggota TNI yang nantinya mengamankan seluruh jalannya proses pencoblosan.

“Polres Tapin juga akan menyiapkan pasukan Pengendalian Massa atau Dalmas untuk mengantisipasi jika terjadi insidentil pada saat PSU,” terang Kompol Raindhard.

Diterangkan lebih lanjut, saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin terkait pelaksanaan PSU.

“Kita tetap menunggu arahan dari pihak penyelenggara, meski demikian polres Tapin siap melakukan pengamanan maksimal,” pungkasnya.

Sebelumnya, sesuai keputusan MK bahwa pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tahun 2020 di tiga Kabupaten/Kota harus dilakukan PSU termasuk Kabupaten Tapin.

Dimana sebanyak 24 TPS di Kecamatan Binuang akan menggelar PSU yakni 8 TPS di Kelurahan Binuang, 3 TPS Kelurahan Raya Belanti, 1 TPS di Desa Padang Sari, 2 TPS di Desa Mekarsari serta 5 TPS di Desa Tungkap dan Desa Pualam Sari. (Rey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *