Pastikan Berjalan Lancar, Bupati-Wabup Monitoring Pelaksanaan Pilkades Serentak

KANDANGAN, narasipublik.netBupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry dan Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad bersama Forkompinda melakukan monitoring pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Kamis (02/06/2022).

Monitoring tersebut dilakukan guna memastikan jalannya proses pemungutan suara pada Pilkades yang diikuti sebanyak 484 calon kades di 129 Desa kali ini berjalan dengan baik dan kondusif.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, dari hasil monitoring pelaksanaan Pilkades serentak di beberapa titik di Kecamatan Kandangan, Kecamatan Daha Selatan dan Daha Utara sudah berjalan dengan lancar.

“Kita melihat pemilih sudah banyak yang memberikan hak suaranya di desa masing-masing, semoga kegiatan ini bisa bejalan dengan aman dan lancar sampai selesai,” ucap Bupati Fikry didampingi Wabup Syamsuri.

Diterangkan lebih lanjut, untuk wilayah Daha atau Negara sendiri, mendapatkan partisipasi 100 persen itu cukup sulit, hal tersebut dikarenakan banyak warganya yang bekerja di luar daerah.

“Jika partisipasi warga di Daha yang datang hanya tiga per empat dari jumlah daftar pemilih tetap saja, itu karena mereka tidak ada ditempat,” tuturnya.

Bupati Fikry berharap para saksi masing-masing calon untuk dapat berperan aktif melihat langsung perhitungan suara agar nantinya tidak ada konflik yang terjadi lantaran perselisihan jumlah suara.

“Siaapapun calon yang terpilih nantinya bisa kembali bersatu dan harus mengakomodir aspirasi semua calon kades lainnya untuk membangun daerah,” ujar Bupati Fikry.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten HSS, Susilo Adianto menuturkan, dalam Pilkades tahun 2022 kali ini dilaksanakan di 364 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 137.443 orang.

“Pilkades dilaksanakan mulai pukul 7.30 hingga pukul 13.00 WITA, dan selanjut panitia melakukan perhitungan suara melalui rapat pleno di masing-masing desa,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

loading...