PARINGIN (BALANGAN)PERISTIWA & HUKUM

Lima Hektare Lahan Gambut Balangan Dipantau Satgas Karhutla

527
×

Lima Hektare Lahan Gambut Balangan Dipantau Satgas Karhutla

Sebarkan artikel ini
Satgas Karhutla
Satgas Karhutla Kabupaten Balangan saat melakukan pemantauan lahan gambut, Minggu (08/08/2021).

BALANGAN, narasipublik.net Titik api muncul di lahan gambut seluas lima hektare di Desa Teluk Karya, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.

Personel gabungan turun menyemprotkan air, Senin (9/8/2021) untuk melakukan pembasahan agar api padam dan tidak menjalar.

Pemantauan BPBD Kabupaten Balangan menemukan titik api di lokasi tersebut, sejak Minggu (8/8/2021) siang.

Sampai berita ini diturunkan, personel gabungan yang terlibat masih dalam upaya-upaya pemantauan dan penyemprotan di lokasi, untuk mengurangi pekatnya asap yang keluar akibat panas yang keluar dari tanah gambut tersebut.

Kapolsek Lampihong IPDA Yudi mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemantauan titik api itu sejak Minggu (8/8/2021) kemarin.

“Saat ini kita bersama BPBD, TNI/Polri, Manggala Agni, dan masyarakat peduli api melakukan pemantauan karhutla, dan bisa kita lihat di lokasi masih ada asap, namun sudah dilakukan tindakan upaya penyemprotan,” jelasnya, ketika ditemui di lokasi titik api.

Menurutnya, untuk menghilangkan asap itu masih diperlukan pemantauan berlanjut, karena yang terbakar merupakan lahan gambut yang api nya keluar dari dalam tanah.

“Luas lahan gambutnya sekitar 5 hektar,” sebutnya.

Saat ini, para anggota Satgas Karhutla Balangan, sudah menyiapkan alat-alat pemadam di lokasi, serta di lokasi juga terus dilakukan penyiraman air. (Fik)

Editor : Yat