KOTA BANJARMASIN

Konvoi Perahu Hias HUT ke-76 RI di Banjarmasin

825
×

Konvoi Perahu Hias HUT ke-76 RI di Banjarmasin

Sebarkan artikel ini
Konvoi Perahu Hias

BANJARMASIN, narasipublik.netDalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia (RI), puluhan perahu hias merah putih konvoi di perairan Sungai Barito, Selasa (17/8/2021).

Konvoi tersebut dilaksanakan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, bekerja sama dengan Ditpolairud Polda Kalsel.

Konvoi itu dipimpin Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, bersama Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Takdir Mattanete.

Puluhan perahu yang diikutkan dalam konvoi itu, semuanya berhiaskan bendera merah putih, dari yang berukuran kecil hingga besar.

Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla menjelaskan, konvoi dimulai dari kantor Ditpolairud dan finish di Pos TNI AL Trisakti, dengan jarak tempuh sekitar 5,5 mil atau 9,9 kilometer.

Sarana yang digunakan dalam konvoi yaitu 9 speed patroli dari Ditpolairud Polda Kalsel, dan 6 unit speed patroli dari Lanal Banjarmasin, dan 1 unit RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boats), serta 23 buah perahu hias merah putih dari masyarakat maritim (Pesisir) Kota Banjarmasin.

Setelah konvoi sampai di Pos TNI AL Trisakti, dilaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla dan Komandan Upacara (Dan up) Mayor Laut (T) Charles Messy.

Konvoi Perahu Hias

Peserta Upacara diikuti oleh Personel Lanal Banjarmasin, Ditpolairud Polda Kalsel, Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA ll Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus Jalasenastri Lanal Banjarmasin dan dari Pramuka Saka Bahari.

Acara ditutup dengan pembagian bantuan sosial, kepada masyarakat maritim berupa bahan pokok sebanyak 65 paket. “Dengan pemberian bantuan paket Sembako kepada warga Pesisir ini, semoga bisa meringankan beban mereka, terlebih di musim Pandemi yang belum berakhir,” sambungnya.

Serta, pemberian hadiah kepada 3 peserta juara konvoi perahu hias yang menang dengan kategori hiasan perahu paling unik serta menarik.

Dirpolairud Polda Kalsel menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas Sinergitas antara Ditpolairud Polda Kalsel dangan Lanal Banjarmasin dalam rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76, terima kasihnya kepada warga Pesisir yang turut berpartisipasi meramaikan konvoi perahu dengan hiasan – hiasan warna merah putih yang menarik.

“Saya juga meng apresiasi kepada para Personel pendukung, sehingga kegiatan ini berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap untuk kedepan pihaknya tetap bersinergi dengan Lanal Banjarmasin dalam membantu kesejahteraan masyarakat.

“Terutama warga yang tinggal di bantaran Sungai,” tungkasnya.

Warga Pesisir Kampung Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Barat, Sagito dan Yanto mengucapkan terima kasihnya bisa berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI Ke-76 yang diselenggarakan oleh Lanal Banjarmasin dan Ditpolairud Polda Kalsel.

“Semoga Sinergitas Lanal Banjarmasin dan Dirpolairud Polda Kalsel tetap berjalan baik, dengan bantuan paket Sembako ini tentunya bisa meringankan beban kebutuhan pokok sehari-hari,” pungkasnya. (DAL)

Editor : Yat