oleh

Peringati HUT Proklamasi Tentara ALRI ke-73, Lanal Banjarmasin Sambangi Bumi Rakat Mufakat

KANDANGAN, narasipublik.netDanlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko beserta jajaran menyambangi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Selasa (17/05/2022).

Rombongan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin di Bumi Rakat Mufakat kali ini untuk mengunjungi Museum Rakyat HSS yang disambut Asisten Pemerintahan dan Kesra Kamidi dan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Siti Erma.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke 73 tahun yang dilaksanakan Lanal Banjarmasin.

Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko mengatakan, kunjungan rombongan ke Museum Rakyat HSS merupakan rangkaian dari peringatan HUT Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-73.

“Sebelum ke HSS, kami melaksanakan ziarah dan tabur bunga sekaligus pembacaan naskah sejarah proklamasi kemerdekaan di makam Brigjend H Hasan Basry,” ucapnya.

Dirinya menuturkan, proklamasi kemerdekaan yang dilakukan gerilya tentara ALRI Divisi IV pada 17 Mei 1949 merupakan sejarah penting bahwa masyarakat Kalimantan menyatakan bagian dari NKRI.

“Dengan peristiwa bersejarah gerilya tentara ALRI Divisi IV Kalimantan yang dipimpin Brigjen TNI (purn) Hasan Basry ini harus patut kita jadikan contoh, karena beliau memiliki nasionalisme yang tinggi,” tuturnya.

Selain melihat berbagai benda peninggalan sejarah, rombongan Lanal Banjarmasin juga menyerahkan bantuan tali asih kepada enam orang penjaga dan pemelihara Museum Rakyat HSS.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS Siti Semua menyambut baik kedatangan rombongan Lanal Banjarmasin di Kabupaten HSS.

“Kunjungan Lanal Banjarmasin ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang mereka lakukan pada saat peringatan 17 Mei,” ungkapnya.

Dirinya membeberkan, sebelum adanya Pandemi Covid-19, Pemkab HSS biasanya menggelar napak tilas perjalanan sejarah yang bekerjasama dengan Lanal Banjarmasin.

“Karena adanya pandemi, napak tilas sejarah bersama Lanal Banjarmasin terpaksa ditiadakan. Semoga tahun depan bisa oembali kita laksanakan,” pungkasnya.

Rangkaian peringatan HUT Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI oleh Lanal Banjarmasin diantaranya menyambangi Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) H Hassan Basry, Museum Rakyat, Cagar Budaya Rumah Perjuangan ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kabupaten HSS.

Reporter : Rey
Editor : Van

Ucapan Hari Pers Nasional