oleh

Kejari Balangan Siap Berantas Praktik Mafia Tanah

NARASI PUBLIK

BALANGAN, narasipublik.net Jajaran Kejaksaan Negeri Balangan siap untuk menindak lanjuti perintah Jaksa Agung RI terkait pembasmian mafia tanah dan mafia pelabuhan yang kini merajalela.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan La Kanna saat ditemui awak media, Senin (15/11/2021) lalu.

Kejari Balangan menuturkan, pihaknya akan tegas dalam memberantas segala bentuk praktik mafia tanah khususnya di Kabupaten Balangan.

“Tentunya atensi ini akan kita jalankan untuk memberantas para mafia atau oknum yang bermain terhadap penyalahgunaan sertifikat tanah,” Tegas La Kanna.

Diterangkan lebih lanjut, mafia tanah menjadi salah satu musuh utama para penegak hukum, dimana keberadaannya bukan hanya meresahkan masyarakat namun juga menjadi penghambat proses pembangunan.

“Itu dikarenakan keberadaan mafia tanah kerap menimbulkan sengketa yang dapat menyebabkan perselisihan,” tuturnya.

Sebagai satu-satunya aparat penegak hukum yang mempunyai keperdataan, kejaksaan negeri wajib mendampingi seluruh pemerintah baik diminta atau tidak.

Hal itu dilakukan agar menutup dan memperbaiki celah yang dapat menjadi peluang masuknya jaringan para mafia tanah.

“kita siap menerima dan melakukan tindak lanjut kalau ada laporan, bahkan jika terbukti kita tidak segan untuk menghukumnya sesuai dengan perundang-undangan,” tegasnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Balangan, Raj Boby Caesar Fardenias menambahkan, pihaknya kini sudah membuka layanan hotline aduan untuk masyarakat yang mengetahui atau menjadi korban para mafia tanah.

Dirinya berharap masyarakat selalu berhati-hati dan meminta untuk memahami segala bentuk persoalan tanah agar terhindar dari jeratan hukum.

“Jika menemukan adanya praktek mafia tanah silahkan laporkan ke nomor 081914150227, kita siap layani dan pastinya akan kita tindak lanjuti setiap laporan yang masuk,” ucap Raj Bobby.

Reporter : Fik
Editor : Van

Berita Lainnya :