oleh

Banjir Kalteng, Tim Rescue Kerukunan BPK HSS Distribusikan Logistik Untuk Warga Terisolir

NARASI PUBLIK

KATINGAN, narasipublik.net Tim Rescue Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan pendistribusian logistik makanan kepada warga terdampak banjir di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (09/09/2021).

Dengan menggunakan perahu karet yang dibawa dari Kota Kandangan, tim yang berjumlah 7 orang tersebut melakukan penyisiran di kawasan Kereng Pangi, Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan.

Dimana wilayah tersebut menjadi salah satu lokasi terparah yang terdampak bencana banjir kali ini.

Aspan, salah satu relawan tim rescue Kerukunan BPK HSS mengatakan, dirinya bersama 6 rekan lainnya menyasar beberapa titik lokasi pemukiman warga yang terisolir akibat banjir.

“Kita hari ini mencoba mendatangi warga yang terisolir untuk membagikan logistik makanan,” ucapnya saat dikonfirmasi via telepon.

Pria yang akrab disapa Kiting tersebut mengungkapkan, ketinggian banjir di Kereng Pangi sendiri bervariasi dari satu meter hingga mencapai atap rumah.

“Masih banyak warga yang terjebak banjir di rumahnya, jadi sambil membagi makanan kami juga membujuk mereka agar mau dievaluasi,” tuturnya.

Tim Rescue Kerukunan BPK HSS Mendistribusikan logistik ke korban banjir kalteng

Sementara itu, logistik makanan yang dibagikan sendiri merupakan hasil dari olahan dapur umum yang sengaja dibuka oleh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah masyarakat disini sangat peduli dengan warga lainnya, mereka patungan untuk mendirikan dapur umum ini,” katanya.

Pendistribusian logistik sendiri dilakukan tim rescue Kerukunan BPK HSS beserta relawan gabungan lainya sejak pukul 09.00 Wita hingga petang hari.

“Rencananya kita hanya sampai pukul 18.00 Wita saja, karena medannya cukup sulit jadi malam hari ditiadakan kegiatan terkecuali Urgent,” terangnya.

Hingga saat ini kondisi genangan air di Kereng Pangi sudah mulai menurun, namun diperkirakan akan mengalami kenaikan lagi lantaran curah hujan yang cukup tinggi.

“Sampai sekarang wilayah ini masih terus diguyur hujan, kita doakan saja semoga genangan air tidak bertambah naik kembali,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

Berita Lainnya :