Antisipasi Banjir, BPK Newang Sakarti Bersihkan Selokan Tersumbat

HULUSUNGAISELATAN, narasipublik.net Guna mengantisipasi musibah banjir dan genangan air, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Newang Sakarti Desa Gambah Luar Muka, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan pembersihan selokan yang tersumbat, Sabtu (03/04/2021).

Dimana kegiatan ini sendiri menyasar beberapa selokan yang ada di wilayah Desa Gambah Luar Muka, dengan menggunakan unit mobil tangki milik mereka.

Salah satu anggota BPK Newang Sakarti, Aspani, mengatakan kegiatan tersebut merupakan program rutin yang dilakukan pihaknya untuk membantu meminimalisir terjadinya bencana.

“Kami membersihkan beberapa selokan yang tersumbat, dimana ini bisa menyebabkan banjir dan genangan air,” ucapnya.

FKRMT HSS
BPK Newang Sakarti sebelum melakukan pembersihan selokan. Sumber Foto : Narasipublik.net

Pria yang sering disapa Kiting ini juga mengungkapkan, tingginya intensitas curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten HSS sempat membuat selokan meluap lantaran tersumbat.

“Teman-teman anggota BPK Newang Sakarti menyemprot selang air, agar sampah-sampah yang menyumbat cepat dibersihkan,” terang Kiting.

Dengan adanya kegiatan pembersihan selokan ini diharapkan air dapat mengalir dengan lancar, sehingga tidak membuat kekhawatiran warga jika saat terjadi hujan lebat.

“Semoga ini bisa mengurangi resiko bencana, yang kerap terjadi jika saat musim penghujan,” pungkasnya.

Sementara itu, kegiatan yang dilakukan oleh BPK Newang Sakarti Desa Gambah Luar Muka ini sendiri rencananya akan rutin dilaksanakan, baik menyasar lingkungan desa maupun fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di wilayah setempat. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...