oleh

Warga Desa Sungsum Gotong Royong Buat Bubur Asyura 10 Muharram

NARASI PUBLIK

BALANGAN, narasipublik.net Menyambut perayaan 10 Muharram 1443 Hijriah, warga Desa Sungsum RT 03, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan bergotong royong membuat bubur Asyura, Kamis (19/08/2021).

Warga yang sebagian besar didominasi kaum wanita ini pun nampak disibukkan dengan berbagai aktivitas yang dilakukan sejak pagi hari.

Berbagai jenis sayuran disiapkan untuk dijadikan bahan pembuatan bubur Asyura yang dicampur menjadi satu untuk dibagikan kepada seluruh warga setempat.

“Ada sekitar 41 macam jenis sayuran, dari pucuk tumbuhan hingga kacang-kacangan yang dicampurkan untuk membuat bubur Asyura,” ucap Mama Biah salah satu warga setempat.

Sebanyak satu kawah (wajan) besar bubur Asyura yang dibuat pun langsung ludes dibagikan secara merata kepada masyarakat setempat.

“Banyak warga yang datang langsung untuk mengambil kesinj dengan membawa berbagai jenis wadah, dari piring, mangkok, baskom hingga panci,” tuturnya.

Tradisi memasak bubur Asyura ini sendiri tidak lepas dari sebuah kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW seusai melakukan perang Badar yang meminta pasukannya memasak seluruh bahan makanan untuk disantap bersama-sama.

“Menurut cerita pada saat itu ketersediaan Makanan tidak sebanding dengan jumlah prajurit, Nabi Muhammad SAW meminta untuk memasak semua bahan makanan hingga akhirnya bisa mencukupi, dari situlah kita memaknainya dengan membuat bubur Asyura hari ini,” pungkasnya. (Fik)

Editor : Van

Berita Lainnya :