EKONOMI & BISNISKANDANGAN (HSS)

Wabup HSS Berikan Motivasi Pelaku UMKM Agar Bertahan Ditengah Pandemi Covid-19

904
×

Wabup HSS Berikan Motivasi Pelaku UMKM Agar Bertahan Ditengah Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini
Wabup HSS Berikan Motivasi Pelaku UMKM
Wabup HSS, Syamsuri Arsyad dan Kadisnakerkop UKP HSS, Hendro Martono saat mengisi acara klinik Koperasi dan UMKM, Kamis (05/08/2021).

KANDANGAN, narasipublik.net Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad memberikan motivasi khusus kepada puluhan pelaku UMKM dalam kegiatan Klinik Koperasi yang digelar Disnakerkop UKP HSS, Kamis (05/08/2021).

Kehadiran dirinya dalam kegiatan tersebut tidak lain untuk bertemu secara langsung dengan para pelaku UMKM yang selama ini menjadi salah satu penggerak perekonomian di Kabupaten HSS.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad mengatakan, selama ini UMKM memiliki daya tahan yang kuat meski dalam kondisi tertentu, namun saat Pandemi Covid-19 sekarang UMKM dituntut harus lebih kreatif agar mampu bertahan.

“Kita semua tau pada saat krisis di tahun 1997 hingga tahun 1999 UMKM tetap bisa bertahan. Namun tidak dalam kondisi pandemi sekarang, dimana banyak UMKM yang gulung tikar karena usahanya tidak mampu berjalan,” ucap Wabup HSS.

Syamsuri Arsyad yang juga sebagai Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten HSS tersebut juga mengungkapkan, bahwa pemerintah daerah selalu siap membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, termasuk seperti klinik Koperasi yang dilakukan Disnakerkop UKP saat ini.

Untuk bisa bersaing ditengah pandemi Covid-19, pelaku UMKM juga harus mampu memperhatikan pangsa pasar agar dapat mengetahui kekuatan produk yang dimiliki.

“Kualitas, jumlah, harga serta servis pelayanan juga perlu diperhatikan, termasuk dengan proses branding dan merek serta teknik promosi yang efektif menjadi modal penting untuk bisa berkembang,” tutur Syamsuri.

Diterangkan lebih lanjut, tidak semua UMKM terdampak akibat Pandemi Covid-19, namun ada beberapa usaha yang berkembang karena mampu memanfaatkan situasi dan momentum saat ini.

“Ada beberapa produk yang sangat laku disaat sekarang, contohnya seperti produk kesehatan atau jamu herbal, celah-celah peluang seperti itu lah yang harus kita dapatkan,” imbuhnya. (Rey)