BERITA UTAMAEKONOMI & BISNISRANTAU (TAPIN)

Serma Rofik Beberkan Tips Bercocok Tanam Agar Selalu Subur

1287
×

Serma Rofik Beberkan Tips Bercocok Tanam Agar Selalu Subur

Sebarkan artikel ini
Kodim 1010/Rantau
Serma N Rofik, Anggota Staf Teritorial (Staf Ter) Kodim 1010/Rantau membuat media tanam untuk diaplikasikan ke berbagai jenis tanaman yang ada di Rumah Hijau Ketahanan Pangan (Han Pangan) Kodim 1010/Rantau, Senin (26/04/2021). Sumber : Narasipublik.net

RANTAU, narasipublik.net Setiap orang yang memiliki hobi berkebun, sangat menginginkan seluruh tanaman peliharaannya tumbuh subur dan memiliki manfaat bagi pemiliknya.

Namun hal itu belum tentu bisa didapatkan semua orang, lantaran berbagai faktor kesalahan dalam perawatan tanaman tersebut saat bercocok tanam.

Anggota Kodim 1010/Rantau membeberkan beberapa tips yang bisa ditiru bagi para pecinta hobi berkebun agar tanaman selalu subur, Senin (26/04/2021).

Dimana yang selalu diperhatikan oleh Serma N Rofik, Anggota Staf Teritorial (Staf Ter) Kodim 1010/Rantau agar tanaman selalu subur adalah media penamanan.

Bahkan Serma Rofik selalu mengganti media tanam yang ada di Rumah Hijau Ketahanan Pangan (Han Pangan) Kodim 1010/Rantau secara berkala agar dapat mencapai nutrisi yang seimbang.

Kodim 1010/Rantau

Menurutnya, pergantian media tanam sangat diperlukan dalam proses bercocok tanam, hal itu dimaksudkan untuk menjaga kesuburan tanaman itu sendiri.

Pelajaran ini didapatnya setelah sebelumnya pernah mengalami kegagalan saat awal bercocok tanam yang membuat seluruh tanaman milikinya kurang begitu subur.

“Awalnya dulu hanya mencampur tanah dengan pupuk saja, namun akhirnya tanah menjadi keras dan tanaman tidak begitu subur,” ucap Serma N Rofik.

Berkat kesalahan itulah Serma Rofik mulai mencoba berinovasi dengan mencari informasi dari berbagai artikel budidaya tanaman yang hingga kini berhasil diaplikasikannya.

“Jadi intinya kita menyarankan untuk selalu memperhatikan media tanam, dari pembibitan, penyemaian hingga proses tanam,” terangnya.

Kodim 1010/Rantau

Dalam proses penanaman, ada baiknya memilih tanah yang subur dan gembur untuk dicampurkan dengan kompos serta arang sekam atau serabut kelapa.

“Tujuannya agar tanah yang akan dijadikan media tanam tidak mengeras ketika sudah ditanami tanaman,” papar Anggota Staf Ter Kodim 1010/Rantau.

Hingga kini Serma N Rofik beserta anggota Kodim 1010/Rantau telah berhasil melakukan penamanan berbagai jenis tanaman hortikultura di Rumah Hijau Ketahanan Pangan Kodim setempat.

Dari sayur-sayuran seperti cabai, tomat, terong, selada hingga berbagi jenis rempah-rempah lainnya berhasil mereka kembangkan.

“Semuanya kami tanam dengan teknik hidroponik yang kini hasilnya sudah lumayan memuaskan,” pungkasnya. (Rey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *