BERITA UTAMAKANDANGAN (HSS)PERISTIWA & HUKUM

Makan Badan Jalan, Satpol PP HSS Tertibkan Lapak PKL

352
×

Makan Badan Jalan, Satpol PP HSS Tertibkan Lapak PKL

Sebarkan artikel ini
Penertiban PKL
Satpol PP dan Damkar Kabupaten HSS menertibkan PKL yang berjualan di badan jalan. sumber : Dok Satpol PP HSS

KANDANGAN, narasipublik.net Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Kota Kandangan.

Hal ini dilakukan lantaran para PKL memposisikan lapak jualannya di bahu dan badan jalan, sehingga dapat mengganggu pengguna jalan lainnya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten HSS, Iwan Friady mengatakan, ada beberapa titik lokasi yang dilakukan penertiban, yakni di kawasan Jalan Panglima Batur, Jalan Pemuda, serta di oprit Jembatan Tiga Desember.

“Penertiban ini sifatnya hanya persuasif, dengan memberikan teguran dan meminta untuk tidak menggunakan badan jalan untuk berjualan karena bisa membahayakan pengguna jalan,” ucapnya saat di konfirmasi, Kamis (24/06/2021).

Sementara itu dalam penertiban kali ini, petugas tidak melakukan penyitaan terhadap barang-barang dagangan, namun hanya meminta para PKL untuk bisa merapikan lapak jualannya.

“Kami berharap penertiban kali ini dapat dimengerti sehingga para PKL tidak lagi berjualan di badan jalan demi keselamatan bersama,” tuturnya.

Selain melakukan penertiban, Satpol PP Kabupaten HSS juga akan terus melakukan pengawasan terhadap PKL dengan harapan mereka dapat mentaati ketentuan yang ada.

“Sedikitnya ada 15 PKL akan diawasi dengan jenis dagangan yang beragam, mulai dari pedagang es, jajanan hingga penjual ikan,” pungkasnya.