Kurangi Penyusutan Hasil Panen, Pemkab HSS Berikan Alsintan Kepada Kelompok Tani

KANDANGAN, narasipublik.net Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada beberapa Kelompok Tani (Poktan), Rabu (14/09/2022).

Bantuan Alsintan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati HSS, Achmad Fikry dan Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad kepada masing-masing perwakilan Poktan.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor menuturkan, bantuan Alsintan diberikan berjumlah 19 unit yang terdiri dari 6 unit Power Thresher, 4 unit Con Sheller, 2 unit Con Sheller Mobil, 3 unit Power Thresher Multiguna, serta 4 unit Combine Harvester.

Seluruh bantuan Alsintan tersebut berasal dari dana APBN, APBD Murni dan APBD Perubahan yang diharapkan dapat membantu para petani dalam meminimalisir resiko kehilangan produksi.

“Dengan menggunakan combine harvester, petani kita bisa menghemat kehilangannya hingga 8 persen per hektar yang jika diuangkan senilai Rp 23 jutaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, bantuan Alsintan kali ini merupakan salah satu realisasi dari keinginan Poktan yang selama ini mereka sampaikan kepada pemerintah daerah.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, agar fungsinya dapat bertahan lama,” tutur Bupati Fikry.

Diterangkan lebih lanjut, hingga saat ini di Kabupaten HSS sendiri sudah memili empat mesin Combine Harvester untuk membantu para petani dalam memanen hasil pertaniannya.

“Dengan adanya mesin panen ini, kita berharap keuntungan para petani bisa lebih meningkat dari sebelumnya,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

loading...