oleh

Delegasi Universitas Al Azhar Kairo Berikan Siraman Rohani Kepada Masyarakat HSS

KANDANGAN, narasipublik.netBeberapa delegasi dari Universitas Al-Azhar yang berpusat di Kota Kairo, Mesir mengunjungi Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kedatangan para delegasi Al-Azhar ini sendiri bertujuan untuk mengisi beberapa agenda keagamaan di Masjid Agung Taqwa, Kota Kandangan, Sabtu (05/03/2022).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HSS, KH Jamhari Muhdin menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi kunjungan delegasi Al-Azhar tersebut.

Delegasi Universitas Al Azhar

“Selamat datang para delegasi Al-Azhar di Bumi Rakat Mufakat, kami ucapkan terima kasih kepada Bupati HSS dan jajaran Pemkab HSS yang telah memberikan arahan dan fasilitas sehingga terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya.

Ketua Delegasi Al-Azhar Jakarta, Syeikh Ali Ibrahim Abdullah mengungkapkan, berdirinya Yayasan Al-Azhar sendiri dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

“Seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW setelah berhijrah dari Mekah ke Madinah, yang pertama beliau dirikan adalah masjid,” ujarnya dalam ceramah yang diterjemahkan Ketua Yayasan Al-Azhar, Syeikh Ahmed Eid Ahmed Zaky.

Dengan adanya kegiatan kali ini dirinya berharap kedepannya akan semakin banyak santri asal Indonesia yang berangkat ke Mesir untuk menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar.

Delegasi Universitas Al Azhar

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, kedatangan rombongan dari Universitas Al-Azhar diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi santri-santri di HSS.

“Dengan adanya program beasiswa dari Pemkab HSS maka santri-santri berprestasi memiliki peluang untuk melanjutkan sekolahnya ke luar negeri,” tuturnya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut diawali dengan sholat Isya berjamaah yang di imami oleh Syeikh Mohamed Salim Amer, Imam Besar Masjid Al-Azhar.

Kemudian selepas kegiatan di Mesjid Agung Taqwa Kandangan, rombongan delegasi Universitas Al-Azhar langsung menuju Loksado untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yakni sholat Subuh dan memberikan siraman rohani kepada para dai-dai terpencil.

Serta melakukan wisata untuk menikmati keindahan alam Loksado dengan menaiki Bamboo Rafting menyusuri sungai Amandit.

Reporter : Rey
Editor : Van

Ucapan Hari Pers Nasional