oleh

Antisipasi Bencana, HSS Cek Kesiapan Perlengkapan Kebencanaan

NARASI PUBLIK

KANDANGAN, narasipublik.netGuna persiapan menghadapi bencana, Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar apel konsolidasi penanggulangan bencana gabungan, Rabu (27/10/2021).

Apel yang dilaksanakan di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan tersebut melibatkan ratusan anggota dari Polres HSS, Kodim 1003, BPBD, dinas sosial, Dispera KPLH, dinas kesehatan, Damkar serta relawan emergensi setempat.

Dalam apel kali ini, seluruh peralatan dan perlengkapan kebencanaan dilakukan pengecekan oleh Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, apel gabungan tersebut merupakan langkah awal kesiapan pasukan dalam menghadapi bencana alam dan non alam di wilayahnya.

Cek Kesiapan Perlengkapan Kebencanaan

“Apel ini dimaksudkan untuk memeriksa kembali kesiapan kita, baik personel maupun peralatan dalam penanggalan bencana” ucap Bupati Fikry.

Tidak hanya itu, kegiatan apel ini sendiri merupakan pengingat untuk semua pihak agar lebih waspada terhadap bencana, khususnya bencana non alam.

“Kita selalu berkoordinasi dengan semua pihak untuk semaksimal mungkin menekan penyebaran virus corona,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) setiap beraktivitas di luar rumah.

Sementara itu, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto menambahkan, saat ini intensitas curah hujan tinggi mengakibatkan beberapa kawasan pegunungan Meratus mulai terdampak bencana alam.

“Wilayah Kecamatan Loksado sudah mulai terdampak longsor,” terangnya.

Tidak sampai disitu, dibeberapa kecamatan di Kabupaten HSS juga sempat mengalami bencana pohon tumbang hingga membuat sejumlah rumah masyarakat rusak.

Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah menetapkan status Kabupaten HSS menjadi siaga bencana.

Reporter : Rey
Editor : Van

Berita Lainnya :