oleh

Update Banjir Balangan, 5 Desa di Kecamatan Juai Masih Terendam Banjir

NARASI PUBLIK

BALANGAN, narasipublik.netBeberapa desa di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) terendam banjir, Rabu (24/11/2021).

Dari pantauan dilapangan, hingga pukul 21.35 Wita sebanyak lima desa terendam banjir, yakni Desa Mihu, Bata, Galumbang, Juai, serta desa Teluk Bayur.

Camat Juai, Nanang Edward mengatakan, sejak pukul 05.54 Wita air mulai memasuki ke pemukiman warga, bahkan hingga sekarang terus mengalami peningkatan.

“Ketinggian air di pemukiman warga berkisar 10 hingga 20 centimeter, bahkan jalan menuju Desa Galumbang tidak bisa dilalui. Sedangkan jalan penghubung antara Desas Bata dengan Desa Mihu sudah bisa dilalui Roda dua,” ucapnya.

Berdasarkan informasi terakhir, sebanyak 105 buah rumah di RT 01 dan RT 02 Desa Bata sudah terdampak banjir.

Sedangkan di Desa Galumbang terdapat 186 buah rumah dengan total sebanyak 500 jiwa terdampak dalam musibah banjir kali ini.

Update Banjir Balangan

“Untuk Di Desa Teluk Bayur ada
266 rumah warga terendam dengan ketinggian air mencapai 10 hingga 50 centimeter,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, saat ini pihaknya melakukan siaga di posko induk banjir yang berlokasi di kantor kecamatan Juai.

“Untuk Desa lain, kami masih belum mendapatkan informasinya, jika nanti ada laporannya akan kita sampaikan kembali,” ujar Nanang.

Diterangkan lebih lanjut, di Kecamatan Juai sendiri ada sebanyak 15 desa yang merupakan wilayah berpotensi rawan bencana banjir.

Diantaranya Desa Lelayau, Mihu, Bata, Galumbang, Juai, Teluk Bayur, Sumber Rejeki (Jalan Lintasan), Mung Uyam, Sirap, Buntu Karau, Marias, Muara Ninian, Pamurus, Sei Batung dan Desa Tawahan.

“Kami menghimbau kepada warga yang berada di daerah hilir seperti Desa Sirap, Buntu Karau, Marias dan Ninian agar waspada terhadap air kiriman dari sini,” pungkasnya.

Reporter : Fik
Editor : Van

Berita Lainnya :