oleh

Pelajar di Balangan Lintasi Banjir Naik Perahu Karet Demi Pergi Sekolah

NARASI PUBLIK

BALANGAN, narasipublik.netPuluhan pelajar di Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan terpaksa harus menaiki perahu karet saat hendak pergi ke sekolah, Kamis (25/11/2021).

Ha itu dikarenakan akses jalan Desa Sumber Rejeki menuju Desa Mungkur Uyam tergenang banjir cukup tinggi sehingga tidak bisa dilintasi oleh kendaraan bermotor.

Camat Juai, Nanang Edward mengatakan, untuk dapat melintasi genangan banjir, para pelajar diangkut secara bergantian dengan jarak kurang lebih 100 meter.

“Hari ini dimulai PTM terbatas untuk tingkat SMP, MTs dan SMA sehingga anak-anak yang ingin berangkat dari Desa Sumber Rezeki harus diangkut menggunakan perahu,” Ujar Camat Juai.

Nanang mengungkapkan, meski daerah tersebut menjadi langganan banjir, namun pada kali ini banjir di Desa Sumber Rejeki tidak terlalu parah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga warga setempat terbiasa dengan kondisi tersebut yang sudah mereka rasakan sejak puluhan tahun.

“Banjir kali ini terbilang normal tidak seperti awal tahun kemarin yang merupakan siklus 10 tahunan, dimana banjir pada saat itu sangat luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan BPBD Balangan, Rudiansyah mengatakan, ketinggian air di Desa Sumber Rejeki ada yang mencapai kurang lebih satu meter atau sekitar dada orang dewasa.

Sehingga pihaknya harus melakukan upaya pertolongan kepada masyarakat setempat, terlebih dalam hal membantu kelancaran aktivitas masyarakat seperti akses penyeberangan.

“BPBD menurunkan tiga unit perahu dan ditambah satu unit dari Dinas Sosial Kabupaten Balangan, hingga total berjumlah empat armada,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG, di bulan November ini diperkirakan curah hujan tinggi dan cuaca ekstrem masih akan terus terjadi di wilayah Kabupaten Balangan.

Sehingga pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap berbagai bencana yang kemungkinan dapat terjadi.

Reporter : Fik
Editor : Van

Berita Lainnya :