KANDANGAN (HSS)SEJARAH & BUDAYA

Tugu Munggu Raya Capai 80 Persen, Wabup HSS Targetkan Rampung di Bulan Agustus

410
×

Tugu Munggu Raya Capai 80 Persen, Wabup HSS Targetkan Rampung di Bulan Agustus

Sebarkan artikel ini
Tugu Munggu Raya
Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad saat meninjau proyek renovasi tugu Munggu Raya di Desa Sungai Raya, Kabupaten HSS, Kamis (17/06/2021). Sumber : Narasi Publik

KANDANGAN, narasipublik.net Renovasi monumen bersejarah tugu Munggu Raya yang terletak di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah mencapai 80 persen.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad yang juga selaku ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS mengatakan, renovasi tugu Munggu Raya akan rampung dalam kurun waktu satu bulan mendatang.

“Tinggal satu bulan lagi pengerjaannya insyallah Agustus selesai, setelah itu kita berpikir untuk peresmiannya,” ucap Syamsuri Arsyad saat meninjau lokasi tugu Munggu Raya, Kamis (17/06/2021).

Diterangkan lebih lanjut, proyek pembangunan tugu Munggu Raya ini sendiri merupakan kerjasama antara pengurus DHC 45 HSS dengan PT Antang Gunung Meratus (AGM) guna untuk mempertahankan nilai-nilai perjuangan.

“Renovasi ini semata-mata sebagai untuk mengenalkan kepada generasi muda, bahwa di Kabupaten HSS ada sejarah perjuangan yang cukup monumental,” tuturnya.

Sekedar diketahui, di lokasi monumen tugu Munggu Raya itu sendiri dulunya merupakan tempat dilakukannya perundingan antara pemerintah Gubernur tentara ALRI Divisi IV dengan Belanda yang disaksikan oleh Komisi Tiga Negara (KTN) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai bentuk pengakuan kemerdekaan Kalimantan pada kala itu.