BERITA RELIGIKANDANGAN (HSS)

Tingkatkan Rohani Warga Binaan, Rutan Kandangan Gandeng Ponpes Minhajul Abidin

2822
×

Tingkatkan Rohani Warga Binaan, Rutan Kandangan Gandeng Ponpes Minhajul Abidin

Sebarkan artikel ini
Rutan Kandangan
Rutan Kelas IIB Kandangan jalin kerjasama dengan Ponpes Minhajul Abidin Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS, Senin (31/01/2022).

KANDANGAN, narasipublik.net Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kandangan menjalin kerjasama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajul Abidin, Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut langsung dilakukan oleh Kepala Rutan (Karutan) Kandangan, Jeremia Leonta dan pimpinan Ponpes Minhajul Abidin, Muhammad Yuseran yang dilakukan di Aula Ponpes setempat, Senin (31/01/2022).

Karutan Kandangan, Jeremia Leonta mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud untuk meningkatkan kerohanian para warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kandangan.

Rutan Kandangan

“Dengan adanya kerja sama ini kita berharap Rutan Kandangan bisa menjadi wadah untuk menimba ilmu agama bagi warga binaan,” ucap Jeremia.

Selain itu, dengan ditopang oleh tim pengajar Ponpes Minhajul Abidin yang handal dan profesional, diharapkan mampu memberikan pembinaan keagamaan bagi warga binaan muslim secara terstruktur.

“Berbagai materi agama nantinya akan diberikan, agar menciptakan pondasi kepribadian yang lebih baik bagi warga binaan kita,” tuturnya.

Kerja sama ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Kandangan, dimana perjanjian serupa juga pernah dilakukan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemanag) HSS.

“Tahun 2021 kemaren kita juga melakukan perjanjian kerja sama dengan ketua MUI HSS yakni almarhum Tgh Muhammad Ridwan Baseri atau Guru Kapuh,” ungkapnya.

Sementara itu, dengan adanya pembinaan keagamaan di Rutan Kandangan diharapakan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan terhadap Tuhan yang maha esa.

“Dengan iman yang kuat bisa menjadi bekal mereka (warga binaan) untuk kembali ke lingkungan masyarakat sehingga dapat diterima dengan baik oleh semua orang,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van