ADVERTORIALBERITA NASIONALKALIMANTAN TENGAH

Tiba di Bumi Tambun Bungai Kalteng, Menteri AHY Disambut Upacara Adat Dayak Potong Pantan

Avatar photo
755
×

Tiba di Bumi Tambun Bungai Kalteng, Menteri AHY Disambut Upacara Adat Dayak Potong Pantan

Sebarkan artikel ini
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disambut dengan upacara adat Dayak Potong Pantan saat tiba di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalteng.
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disambut dengan upacara adat Dayak Potong Pantan saat tiba di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA, narasipublik.net Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (27/06/2024).

Setiba di Bandar Udara Tjilik Riwut, Menteri AHY disambut dengan upacara adat tradisional Potong Pantan yang dipimpin langsung oleh pemuka Suku Adat Dayak setempat.

Potong Pantan sendiri merupakan salah satu upacara adat penyambutan tamu dari suku Dayak yang sudah mereka lakukan sejak zaman nenek moyang dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Dimana upacara tersebut ditujukan untuk menyambut tamu kehormatan yang bertujuan sebagai ungkapan atas penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga tamu yang datang selamat sampai ketujuan.

“Ini tradisi unik yang penuh dengan nilai, mudah-mudahan dengan penyambutan ini bisa membawa kebaikan dan keberkatan, terlebih acaranya langsung menghadirkan mantir atau pemuka adat Dayak setempat,” ucap Menteri AHY.

Lebih lanjut, Menteri AHY berharap dengan adanya tradisi seperti ini dapat memudahkan dan memperlancar rangkaian kunjungan kerjanya di kota berjuluk Bumi Tambun Bungai.

“Dengan adanya simbol-simbol penuh makna seperti prosesi menggulung kain dan memotong dahan kayu ini kita berharap segala rintangan bisa kita atasi, sehingga kita bisa bekerja lebih baik lagi untuk masyarakat di Kalteng khususnya di Palangka Raya,” tutur Menteri ATR/BPN.

Tidak hanya itu, Menteri AHY juga dikalungkan syal dan dikenakan topi khas Dayak Kalteng sembari meninggalkan lokasi penyambutan dengan diiringi doa-doa dati pemuka adat.

“Semoga kunker kita di Kalteng kali ini tidak ada hambatan, walaupun ada kita harap bisa dapat teratasi dan dimudahkan,” pungkasnya.

Kunjungan kerja Menteri AHY kali ini turut didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah Yulia Jaya Nirmawati, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, serta Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN.