oleh

BREAKING NEWS : Sungai Pitap Meluap, Sejumlah Desa di Balangan Mulai Terendam

NARASI PUBLIK

BALANGAN, narasipublik.netIntensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Balangan sejak beberapa hari terakhir menyebabkan debit air Sungai Pitap meluap, Senin (15/11/2021).

Menurut salah satu warga Desa Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Normala mengatakan saat ini debit air mengalami peningkatan.

“Untuk wilayah Gunung Batu dan Kecamatan Tebing Tinggi pada umumnya masih berstatus aman, namun menurut informasi di media sosial, air sudah masuk ke pemukiman warga di Desa Mayanau,” ujar Normala.

Sementara itu menurut keterangan dari seorang warga bernama Firman, air masuk ke pemukiman di Desa Mayanau sejak pukul 06.00 WITA.

Senada dengan Nomala, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Balangan, Marsono membenarkan bahwa saat ini debit air Sungai Pitap meningkat.

Dirinya mengimbau masyarakat agar terus waspada terhadap datangnya musim hujan ini, terlebih di Kabupaten Balangan dalam beberapa hari terakhir kerap diguyur hujan.

Dirinya menerangkan, saat ini anggota TRC terus bersiaga dengan melakukan patroli di daerah rawan bencana agar bisa cepat tanggap apabila ada laporan banjir.

“Saat ini air sudah memasuki pemukiman warga Di Desa Auh dan Desa Mayanau berdasarkan laporan sementara dari anggota TRC BPBD Balangan,” tutur Marsono saat dikonfirmasi.

Sedangkan untuk titik rawan banjir di Kabupaten Balangan terbagi di beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Awayan, Halong, Juai, Paringin Kota, Paringin Selatan dan Kecamatan Lampihong.

Reporter : Fik
Editor : Van

Berita Lainnya :