KANDANGAN (HSS)SEJARAH & BUDAYA

Seniman HSS Isi Waktu Ngabuburit Dengan Karasmin

1247
×

Seniman HSS Isi Waktu Ngabuburit Dengan Karasmin

Sebarkan artikel ini
Kompas Budaya HSS
Komunitas Pecinta Seni Dan Budaya (Kompas Budaya) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengisi waktu ngabuburit dengan Karasmin atau pertunjukan hiburan, Jumat (16/04/2021). Sumber : Narasipublik.net

KANDANGAN, narasipublik.net Banyak hal dilakukan masyarakat untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di bulan Ramadhan, tak terkecuali para penggiat seni di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Dimana para pelaku kesenian yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Seni Budaya (Kompas Budaya) Kabupaten HSS mengisi ngabuburit dengan menggelar Karasmin atau pertunjukan hiburan.

Berbagai pertunjukan seni disuguhkan anggota Kompas Budaya yang dipublikasikan secara live lewat akun media sosial Facebook untuk menghibur seluruh masyarakat.

Seperti terpantau Jumat (16/04/2021) sore, beberapa pertunjukan disuguhkan di Aula Museum Rakyat HSS, Jalan Jendral Sudirman Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

Sekretaris Kompas Budaya, Dedy Wahyuni menerangkan, selama bulan Ramadhan pihaknya menggelar Karasmin setiap hari Jumat yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Kompas Budaya HSS
Proses live streaming penampilan Kompas Budaya Kabupaten HSS. Sumber : Narasipublik.net

“Bulan puasa ini kita hanya menggelarnya setiap Jumat, kalau bulan lain kita ada dua kali dalam seminggu,” ucap Dedy Wahyuni.

Selain untuk menghibur masyarakat, kegiatan ini juga dimanfaatkan mereka untuk sekedar mengisi waktu luang sembari menunggu waktu berbuka puasa.

“Sambil menunggu berbuka puasa lebih baik kami mengisinya dengan berkesenian, ini tujuannya juga untuk mengasah kemampuan dan keterampilan para penggiat seni di HSS,” terangnya.

Khusus di bulan suci Ramadhan, Kompas Budaya Kabupaten HSS menyuguhkan pertunjukan yang bertema religi, dengan harapan meningkatkan keimanan lewat kesenian.

Kompas Budaya HSS
Penampilan musik religi dari Kompas Budaya Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Sumber : Narasipublik.net

“Selama bulan Ramadhan banyak pertunjukan religi yang kita tampilkan, seperti maulid Habsyi, lagu-lagu islami, musik panting, serta berbagai kesenian tradisional daerah lainnya,” jelasnya.

Dengan adanya Karasmin ini diharapkan seluruh penggiat seni dapat menyalurkan bakatnya, agar kedepan segala bentuk kesenian baik tradisional maupun modern bisa lebih berkembang di wilayah setempat.

“Kompas Budaya ini sebagai wadah dan sarana bagi pelaku seni untuk menyalurkan dan memperkenalkan segala macam jenis kesenian agar lebih maju,” pungkasnya. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *