Pohon Tumbang di Desa Purut Tapin Picu Suara Ledakan dan Percikan Api

RANTAU, narasipublik.net – Hujan Deras disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon besar di Jalan A Yani, Desa Purut, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin tumbang hingga menutup ruas jalan provinsi, Sabtu (12/11/2022).

Selain menutup ruas jalan, tumbangnya pohon juga mengakibatkan tiang listrik PLN mengalami kerusakan hingga membuat arus listrik di wilayah setempat padam.

Sariah, warga setempat menuturkan, peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WITA saat hendak memasuki waktu salat magrib.

“Saya kira awalnya ada kecelakaan, ternyata pohon yang ada di depan pemakaman umum itu tumbang,” ucapnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Dirinya menuturkan, patahan batang pohon yang mengenai tiang listrik PLN sempat menimbulkan ledakan dan percikan api, sehingga membuat warga dan pengendara motor yang berteduh di dekat lokasi kejadian panik.

“Bunyi ledakan terjadi lebih dari tiga kali dan mengeluarkan percikan api, bahkan api yang keluar sangat besar hingga hampir mengenai rumah,” tuturnya.

Diungkapkan lebih lanjut, akibat peristiwa tersebut dirinya merasa kuatir kejadian serupa akan kembali terulang, pasalnya di wilayah setempat banyak pohon yang kondisinya sudah sangat tua dan berpotensi tumbang.

“Kita harap pihak terkait bisa memangkas ranting-ranting pohon yang condong ke arah rumah, karena kami kuatir peristiwa ini kembali terjadi dan menimpa rumah warga,” pungkasnya.

Meski tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa kali ini, namun tumbangnya pohon mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang baik dari arah Banjarmasin maupun sebaliknya.

Bahkan hingga pukul 21.00 WITA petugas PLN cabang Rantau masih melakukan perbaikan dan mengatur kemacetan dengan cara buka tutup arus lalu lintas.

Reporter : Sal
Editor : Van

loading...