Pemkab HSS Berikan Layanan Kesehatan Ternak Lewat Program Active Service di Kalang Hadangan

KANDANGAN, narasipublik.netBupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry bersama Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad beserta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) melakukan peneninjauan terhadap ternak Kerbau Rawa (Kalang Hadangan), di Desa Paharangan, Kecamatan Daha Utara, Rabu (15/06/2022).

Kegiatan peninjau Kalang Hadangan kali ini dilakukan di tiga tempat berbeda dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam program active service guna mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor mengatakan, program active service merupakan pemberian pelayanan kesehatan hewan dengan sistem jemput bola ke peternakan.

Adapun jenis-jenis pelayanan yang diberikan yakni berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin, pemeriksaan kandungan serta reproduksi bagi hewan sulit hamil dengan cara kawin suntik.

“Kami juga memberikan penyuluhan kepada para peternak setiap satu minggu sekali secara bergiliran di 144 desa dan 4 Kelurahan yang ada di Kabupaten HSS,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, peninjauan pendampingan bagi para peternak kerbau rawa kali ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran wabah PMK.

“Minggu lalu kita telah melakukan pemantauan ke peternak sapi dan hari ini dilanjutkan ketempat peternak kerbau rawa di Kalang Hadangan,” tutur Bupati Fikry.

Diterangkan lebih lanjut, perintah Kabupaten HSS ke depannya berencana akan terus melakukan pendampingan dan memberikan pelayanan kesehatan melalui dokter hewan di dinas peternakan setempat.

“Semoga melalui pendampingan yang diberikan, kita bisa mencegah PMK sehingga seluruh ternak petani di HSS dapat sehat semua,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

loading...