KANDANGAN (HSS)KESEHATAN

Hari Rabies Sedunia, Bupati HSS Ajak Masyarakat Vaksinasi Hewan Peliharaan

Avatar photo
920
×

Hari Rabies Sedunia, Bupati HSS Ajak Masyarakat Vaksinasi Hewan Peliharaan

Sebarkan artikel ini
Bupati HSS, Achmad Fikry menyerahkan bingkisan kepada pemilik hewan peliharaan.

KANDANGAN, narasipublik.net Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) canangkan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan.

Pencanangan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati HSS, Achmad Fikry saat meninjau proses vaksinasi hewan peliharaan di Puskeswan Sungai Raya, Selasa (11/10/2022).

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor mengatakan, rabies merupakan suatu penyakit atau zoonosis menular dari hewan ke hewan atau dari hewan ke manusia melalui gigitan.

Untuk mencegah penyakit rabies, dinas pertanian setempat terus melakukan penyuluhan dan koordinasi dengan berbagai instansi terkait dan desa, guna mengendalikan penularan penyakit tersebut.

“Lewat vaksinasi rabies yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, kita harap hewan peliharaan bisa terjaga kesehatannya,” ucapnya.

Diterangkan lebih lanjut, Puskeswan Sungai Raya sendiri melayani vaksinasi gratis untuk wilayah Kecamatan Simpur dan Kalumpang, sedangkan Puskeswan Kandangan meliputi wilayah Kecamatan Padang Batung, Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Selatan.

“Sedangkan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Bakarung melayani wilayah Kecamatan Telaga Langsat dan Loksado yang buka setiap hari pada jam kerja,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengungkapkan, vaksinasi rabies terhadap seluruh hewan peliharaan wajib harus dilakukan, guna meminimalisir penyakit menular tersebut.

“Semoga dengan vaksinasi rabies, semua hewan peliharaan bisa sehat dan terhindar dari penyakit menular,” ungkap Bupati Achmad Fikry.

Tidak hanya itu, Bupati Fikry juga meminta kepada seluruh pecinta hewan untuk terus melestarikan dan memperkenalkan binatang peliharaan mereka lewat berbagai kegiatan yang positif.

“Untuk menjadi daya tarik, cobalah buat kontes hewan peliharaan pada hari jadi Kabupaten HSS mendatang, agar komunitas pecinta hewan peliharaan dapat lebih diminati masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van