BERITA UTAMAEKONOMI & BISNISKANDANGAN (HSS)KESEHATAN

“Jamu Herbal” Sukses Bawa Warga Kandangan Raup Omset Puluhan juta

709
×

“Jamu Herbal” Sukses Bawa Warga Kandangan Raup Omset Puluhan juta

Sebarkan artikel ini
Jamu Herbal
Proses produksi Jamu Herbal Nurhapipah, warga Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Foto : Irf/narasipublik.net

KANDANGAN, narasipublik.net – Banyaknya spesies tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai obat-obatan di dunia kesehatan menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan bagi sebagian orang.

Potensi besar ini lah yang dimanfaatkan oleh Nurhapipah, salah satu warga Desa Bariang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang mampu menyulap tumbuh-tumbuhan menjadi sumber ekonomi.

Wanita yang akrab disapa Pipah ini sendiri mengolah beberapa jenis tanaman obat menjadi ramuan kesehatan berupa jamu herbal yang mengandung banyak khasiat bagi pengkonsumsinya.

Usaha yang dirintisnya sejak pertengahan tahun 2018 lalu, kini sudah banyak diminati pelanggan hingga luar daerah.

Bahan dasar jamu herbal
Bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat jamu herbal. Foto : Irf/narasipublik.net

Dengan dikemas menggunakan botol instan, pipah kini mampu meraup omset puluhan juta rupiah perbulannya dari hasil olahan jamu herbal.

“Awalnya dulu cuma sekedar membantu mertua untuk membuak jamu herbal ini, lalu pada tahun 2018 saya mencoba mengembangkannya sendiri,” ucap Nurhapipah, Jumat (12/03/2021).

Sementara itu, Produk yang diberi nama “Jamu Herbal Jaman Now Mama Arza” mempunyai berbagai macam jenis, diantarany seperti jamu khusus wanita, jamu komplit, jamu beras kencur, jamu jahe asem pedas, jamu kunyit sirih asem.

“Semuanya produk yang kami olah hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh para pengkonsumsinya,” terangnya.

Untuk menarik pelanggan, selama ini Pipah hanya memanfaatkan media sosial untuk memasarkan seluruh produknya dan tidak jarang banyak yang membeli langsung ke tempat tinggalnya.

“Alhamdulillah jamu herbal yang saya olah sudah terjual ke daerah-daerah tetangga seperti Banjarmasin, Rantau, Amuntai Tabalong,”

Jamu Herbal Kandangan
Produk-produk jamu herbal buatan Nurhapipah, Warga Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Foto : Irf/narasipublik.net

Hingga kini warga Kandangan tersebut mampu menjual jamu herbal sebanyak 200 hingga 300 botol dengan omset puluhan juta rupiah perminggu.

“Dulu hanya satu kali seminggu memproduksinya, karena banyak permintaan sekarang menjadi dua kali dalam seminggu,” pungkasnya.

Tingginya permintaan produk tersebut karena diyakini memiliki khasiat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengatasi berbagai macam penyakit. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *