KANDANGAN (HSS)PERISTIWA & HUKUM

Intensitas Hujan Diprediksi Meningkat, BPBD HSS Imbau Waspada Bencana

847
×

Intensitas Hujan Diprediksi Meningkat, BPBD HSS Imbau Waspada Bencana

Sebarkan artikel ini
BPBD HSS
Syamsudin, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS. Sumber : narasipublik.net

KANDANGAN, narasipublik.net Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) intensitas curah hujan akan mengalami peningkatan dibeberapa wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) termasuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS melakukan berbagai persiapan antisipasi pencegahan terjadinya bencana yang disebabkan tingginya curah hujan.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan beberapa stakeholder dan instansi terkait untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang disampaikan oleh BMKG,” ucap Syamsudin, Kepala Pelaksana BPBD HSS, Kamis (20/05/2021).

Sementara itu pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi hujan lebat yang dapat berpotensi menimbulkan berbagai bencana.

“Untuk masyarakat yang berada di bantaran sungai kami minta untuk waspada, dan kita juga meminta kepada seluruh camat dan kepala desa untuk terus memantau perubahan debit air,” tandasnya.

Kabupaten HSS menjadi salah satu dari beberapa wilayah di Kalsel yang masuk dalam zona waspada bencana banjir, baik di kawasan pegunungan maupun dataran rendah.

“Ada beberapa kecamatan di HSS yang rawan bencana, baik musibah banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang. Jadi kami minta masyarakat untuk tetap waspada,” imbuhnya.