oleh

Danrem 101/Antasari Minta Kodim 1003/HSS Petakan Wilayah Rawan Karhutla

KANDANGAN, narasipublik.netKomandan Korem (Danrem) 101/Antasari, Brigjen TNI Rudi Puruwito meminta prajuritnya untuk bisa memetakan seluruh wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Hal itu disampaikan Danrem saat kunjungan silaturahmi di Makodim 1003/HSS yang disambut langsung oleh Dandim 1003/HSS, Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, Rabu (15/05/2022).

Brigjen TNI Rudi Puruwito mengatakan, musim kemarau sangat rentan adanya potensi pembakaran lahan secara sengaja yang dapat menyebabkan terjadinya Karhutla.

“Seluruh Babinsa yang ada di wilayah HSS agar bisa membaca potensi Karhutla,” kata Brigjen TNI Rudi Puruwito.

Diterangkan lebih lanjut, dengan membaca kondisi geografis desa atau wilayah, diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya pembakaran hutan yang dilakukan dengan sengaja.

Dimana selama ini kebanyakan alasan masyarakat membakar hutan untuk mengefisiensi penghematan biaya adalah tindakan yang salah, melainkan dapat menimbulkan berdampak negatif bagi lingkungan.

“Kami berharap masyarakat dapat diberikan edukasi atau imbauan tentang larangan membakar hutan dan lahan,” lanjutnya.

Danrem 101/Antasari menegaskan, jika nantinya masih terdapat masyarakat yang mengindahkan hal tersebut, maka dirinya meminta untuk dilakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku.

“Kodim 1003/HSS dan Polres HSS harus melakukan tindakan pasif sesuai hukum sebagai efek jera, agar Kabupaten HSS tetap tertib, aman, tentram, dan masyarakat sejahtera,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Danrem 101/Antasari juga meminta seluruh prajurit TNI Kodim 1003/HSS untuk selalu meningkatkan kinerja dan prestasi yang lebih baik lagi kedepannya.

“Dalam pelaksanaan tugas, prajurit harus melangkah maju agar Kodim 1003/HSS dapat menjadi harapan bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan mengucapkan terima kasih kepada Danrem 101/Antasari beserta jajaran Korem 101/Antasari yang sudah berkunjung ke Bumi Rakat Mufakat.

“Kami beserta jajaran Kodim 1003/HSS mengucapkan terima kasih kepada Danrem 101/Antasari yang sudah bersedia berkunjung ke HSS,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

Ucapan Hari Pers Nasional