EKONOMI & BISNISKANDANGAN (HSS)

Tingkatkan Pendapatan Petani, Bupati – Wabup HSS Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat

360
×

Tingkatkan Pendapatan Petani, Bupati – Wabup HSS Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Peresmian Lumbung Pangan
Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat di Desa Karasikan, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (21/12/2021).

KANDANGAN, narasipublik.net Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat dan Sarana Pendukungnya di Desa Karasikan, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (21/12/2021).

Sedikitnya ada dua lumbung pangan yang diresmikan oleh Bupati Achmad Fikry dan Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad, yakni milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maju Bersama, Desa Karasikan dan Gapoktan Bumi Raya, Desa Murung Raya, Kecamatan Daha Utara.

Bupati HSS, Achmad Fikry mengatakan, keberadaan lumbung pangan tersebut merupakan harapan masyarakat setempat yang sudah lama dinantikan sejak tahun 2015 silam.

Peresmian Lumbung Pangan

“Alhamdulillah kita sudah bisa merealisasikan harapan masyarakat dengan menggunakan dana DAK tahun 2021,” ucap Bupati Fikry.

Bupati berharap adanya fasilitas lumbung pangan yang dilengkapi dengan alat-alat pendukung lainnya tersebut, kedepannya dapat mempermudah dan meningkatkan pendapatan para petani.

“Dengan lumbung ini petani bisa menitip padi hingga harga jual bagus baru dilepas, bahkan mereka sepakat untuk menjual beras tidak menjual padi sehingga nilai jualnya lebih tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS, Mawardi menuturkan, tujuan pengembangan lumbung pangan masyarakat adalah untuk mewujudkan kedaulatan pangan, ketahanan pangan dan kemandirian pangan agar tersedianya pangan berupa gabah.

“Seperti yang tertuang dalam undang-undang nomor 18 tahun 2012 lumbung pangan ini kedepannya dapat menjadi antisipasi jika terjadi paceklik atau masa darurat,” ujarnya.

Diterangkan lebih lanjut, Gapoktan Maju Bersama membawahi lima kelompok tani (Poktan) dengan luas lahan kurang lebih 145 hektar yang memproduksi sebanyak 508 ton gabah.

Sedangkan untuk Gapoktan Bumi Raya sendiri menaungi empat Poktan dengan luas lahan persawahan 318 hektar yang menghasilkan gabah sebanyak 1.113 ton gabah.

“Semoga dengan adanya lumbung pangan pendapatan petani bisa lebih baik sehingga kesejahteraan mereka juga akan meningkat,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van