KANDANGAN (HSS)

Antisipasi Perubahan Iklim, Kapolres dan Wabup HSS Tanam Pohon

469
×

Antisipasi Perubahan Iklim, Kapolres dan Wabup HSS Tanam Pohon

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Perubahan Iklim

KANDANGAN, narasipublik.net Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad ikut berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan di kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Baladul Amin, Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, Jumat (20/08/2021).

Kegiatan penanaman satu juta pohon yang digelar oleh Polres HSS kali ini merupakan program penghijauan dari Polda Kalsel tahun 2021, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Kapolres HSS, AKBP Sugeng Priyanto mengatakan,World Economic Forum The Global Risk Report 2019 menyatakan bahwa perubahan iklim sudah menempati posisi paling atas sebagai penyebab musibah global.

Diantaranya seperti bencana alam, krisis pangan dan air bersih, cuaca ekstrim, hilangnya keanekaragaman hayati, serta runtuhnya ekosistem diseluruh dunia.

“Di awal tahun 2021 masih membekas diingatan kita kalau wilayah Indonesia termasuk Kalsel mengalami musibah banjir yang dampaknya sangat besar,” ucap Kapolres HSS.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah pusat bersama daerah terus berupaya untuk menyelamatkan kondisi alam dari kerusakan yang ditimbulkan, salah satunya melalui program penghijauan.

“Meski belum sebanding dengan luas kerusakan lingkungannya, namun setidaknya upaya ini sangat berharga jika dilakukan secara konsisten,” tuturnya.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad menuturkan selain Pandemi Covid-19, perubahan iklim ekstrim juga menjadi salah satu permasalahan yang harus menjadi atensi perhatian bagi pemerintah.

“Penanaman pohon seperti ini kita harapkan bisa menjadi gaya hidup bagi masyarakat untuk ikut memelihara pohon sebagai penghijauan,” ujar Wabup Syamsuri.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, didalam perda sudah mengatur tentang syarat pendirian bangunan (IMB) yang mewajibkan untuk menanam pohon disekitar rumahnya.

Sehingga suasana lingkungan menjadi rindang dan memberikan rasa nyaman baik bagi pemilik rumah maupun masyarakat sekitarnya.

“Ayo kita bersama-sama menanam pohon, mudah-mudahan upaya kita ini bisa membantu mencegah timbulnya bencana akibat kerusakan lingkungan,” tandasnya. (Mal)

Editor : Van