oleh

Wabup HSS dan Wakil Ketua DPRD Kalsel Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan ke Anggota Pramuka

NARASI PUBLIK

KANDANGAN, narasipublik.net Puluhan anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Senin (22/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pramuka Kandangan ini pun dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) M Syarifuddin dan Wakil Bupati (Wabup) HSS, Syamsuri Arsyad selaku narasumber.

Dalam materinya, M Syafruddin Wakil Ketua DPRD Kalsel memaparkan tentang pilar kebangsaan yakni Pancasila beserta dengan sejarahnya.

“Pemahaman nilai-nilai Pancasila harus selalu digaungkan agar penerus bangsa dapat membentengi diri mereka dari ideologi luar yang ingin merusak tatanan bangsa,” ucap Syafruddin.

sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Sedangkan Wabup Syamsuri Arsyad dala kesempatan tersebut menyampaikan materi jiwa nasionalisme yang sangat cocok dibutuhkan oleh anak-anak Pramuka.

“Sebagai anggota Pramuka mestinya harus menjadi pelopor untuk menjaga ideologi bangsa,” tutur Wabup Syamsuri.

Hal itu dikarenakan Pramuka menganut norma-norma yang diibaratkan seperti kelapa, dimana santan murninya merupakan nilai dan hakikat dari pengamalan Pancasila.

sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Wabup menambahkan, Dasa Dharma Pramuka merupakan pengejawantahan dari nilai Pancasila, sehingga Pramuka layak menjadi salah satu garda terdepan sebagai benteng nasionalisme NKRI.

Meski demikian, yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengisi kemerdekaan tersebut dengan sebaik-baiknya yang saat ini diharapkan mampu dijalankan oleh anggota Pramuka.

“Bagi warga HSS urusan berbangsa dan bernegara tidak perlu diragukan lagi, karena selama ini sudah dibuktikan dengan daerah kita tetap bergabung bersama NKRI melalui Proklamasi 17 Mei,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

Berita Lainnya :